Honda Civic Type RRekor kecepatan Honda Civic Type R yang dikendarai Esteban Guerreri di Sirkuit Magny Cours, Prancis. (Auto Evolution)

Kastara.id, Jakarta – Honda Civic Type R baru saja memecahkan rekor kecepatan di Sirkuit Magny-Cours GP, Perancis, setelah mencatat lap time 2 menit 1,51 detik. Pemecahan rekor kecepatan ini merupakan yang kedua untuk Honda Civic Type R setelah sebelumnya tercatat sebagai mobil penggerak roda depan tercepat di Sirkuit Nürburgring, Jerman.

Pemecahan rekor kecepatan kali ini merupakan rangkaian dari “Type R Challenge 2018”, dimana tim Honda Racing akan berusaha untuk memecahkan rekor kecepatan mobil berpenggerak roda depan pada lima sirkuit ternama di Eropa.

Di sirkuit Magny-Cours, Honda Civic Type R dikendarai dalam kondisi standar alias engine stock oleh Esteban Guerrieri, pembalap WTCR yang juga berlaga di FIA World Touring Car Cup 2018 dengan Honda Civic TCR bersama tim Münnich Motorsport. Untuk pemecahan rekor baru ini, Civic Type R melaju di sirkuit Magny-Cours GP sejauh 4,4 km dengan kontur jalan berkelok-kelok, tikungan tajam, dan jalan lurus.

Civic Type R menggunakan mesin 2.0L VTEC TURBO yang menghasilkan tenaga 320 PS dan torsi 400 Nm, yang mendukung Guerrieri untuk melibas lintasan trek. Dengan menggunakan +R mode, Adaptive Damper System membuat pengendaraan lebih responsif, stabil dan lincah untuk performa yang lebih maksimal.

Mengenai rekor kecepatan yang telah dipecahkannya, Esteban Guerreri mengatakan, hal terbaik dari Civic Type R adalah mampu memberikan rasa percaya diri saat dikendarai.

“Mobil ini sangat responsif dan memiliki handling yang maksimal. Orang-orang menyebut Civic Type R sebagai mobil hatchback dengan performa mumpuni, dan hari ini kita telah membuktikan bahwa hal itu benar adanya. Civic Type R terus menembus batas dari sebuah mobil berpenggerak roda depan,” ujar Esteban Guerreri.

Selain itu, ia juga turut memberi komentar mengenai fleksibilitas Civic Type R sebagai mobil yang cocok di jalanan dan lintasan balap. “Kelebihannya adalah kita dapat menggunakan +R mode saat mengendarainya di lintasan balap, kemudian beralih ke Comfort mode saat pulang ke rumah,” tambah Guerreri.

Sebelumnya, Honda mengadakan ajang yang serupa di tahun 2016 dengan membuat catatan waktu di trek Estoril, Hungaroring, Silverstone, dan Spa-Francorchamps menggunakan Honda Civic Type R generasi sebelumnya.

Memasuki tahun 2018, Honda ingin memecahkan rekor yang telah dicatat di empat sirkuit tersebut, termasuk rekor yang diraih di trek Magny-Cours. Pembalap yang telah disiapkan untuk Type R Challenge 2018 berikutnya adalah Jenson Button, pembalap asal Inggris yang juga pernah menjadi juara dunia Formula 1 dan kini menjadi pembalap NSX Super GT.

Selain itu, pembalap lainnya turut berpartisipasi yakni pembalap WTCR Tiago Monteiro dari Portugal, bintang NSX Super GT Bertrand Baguette dari Belgia, dan bintang BTCC Matt Neal dari Inggris.

Generasi terbaru Honda Civic Type R mempertahankan karakter Honda sebagai hatchback dengan performa, akselerasi, dan kecepatan tertinggi di kelasnya. Mobil yang memperoleh logo “H” berwarna merah ini merupakan generasi kesepuluh Honda Civic, yang didesain untuk memberikan pengalaman balap paling memuaskan baik di jalanan maupun lintasan balap.

Honda Civic Type R memiliki struktur bodi yang ringan, kokoh, pusat gravitasi yang rendah, serta didukung dual-axis strut front suspension system yang mengurangi efek torque steer dan meningkatkan pengendalian di tikungan. (yan)