Madiun

Kastara.ID, Madiun – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memberikan apresiasi kepada PT KAI khususnya di wilayah Jawa Timur, yang telah memberikan pelayanan prima kepada penumpang pada arus mudik dan balik tahun ini. Hal tersebut disampaikan Menhub saat meninjau Stasiun Madiun bersama Menkes Nila F. Moeloek untuk mengecek kesiapan pelayanan arus balik, Sabtu (8/6).

“Kami ke Madiun senang sekali. Lihat rumah sakitnya bagus, fisiknya bagus, layanan juga bagus. Bu Menkes juga ikut senang. Saya mengapresiasi kinerja PT KAI di sini,” ujar Menhub saat memberikan keterangan bersama Menkes di Stasiun Madiun.

Menhub mengatakan, jumlah penumpang KA secara keseluruhan pada tahun ini meningkat hingga 10 persen dari tahun lalu. Menhub pun mengapresiasi Ditjen Perkeretaapian dan PT KAI yang telah bekerja sama melakukan upaya memaksimalkan perjalanan kereta.

“Saya mengapresiasi PT KAI yang bisa mengangkut penumpang banyak sekitar 10 persen dari tahun lalu, dari kira-kira 3.3 juta menjadi 3.6 juta. Biasanya, naiknya tidak sampai 5 persen tapi ini bisa sampai 10 persen. Berarti ada suatu upaya untuk melakukan suatu rekayasa tertentu untuk melakukan maksimalisasi frekuensi perjalanan,” jelas Menhub.

Lebih lanjut Menhub mengungkapkan, kenaikan jumlah penumpang ini menandakan ketertarikan masyarakat untuk menggunakan moda perkeretaapian semakin meningkat.

“Kita sepakat moda kereta api ini sangat diminati, karena kenyamanannya, tepat waktu dan beberapa kelebihan lainnya. Insya Allah itu salah satu tanda bahwa perkeretaapian lebih punya daya beli,” imbuhnya.

Berdasarkan data dari PT KAI Daop 7 Madiun, sampai dengan 7 Juni 2019, total keseluruhan penumpang di Stasiun Madiun mencapai 21.000 penumpang. Jumlah ini merupakan keseluruhan dari penumpang kelas eksekutif, bisnis, serta ekonomi.

Dalam tinjauannya, Menhub bersama Menkes mengunjungi pos kesehatan yang ada di Stasiun Madiun. Menkes juga mengapresiasi kelengkapan fasilitas yang tersedia di Stasiun, yaitu dengan adanya pos kesehatan dan ruang laktasi.

“Kami dari kesehatan tetap memeriksa kesehatan masinis, kru, dan sebagainya. Fasilitas disini lengkap, ada juga pos kesehatan dan tempat laktasi. Saya sangat menghargai PT KAI, terima kasih. Memadai sekali dan tempatnya bagus,” tutup Menkes.

Selain Menteri Kesehatan, Menhub turut didampingi oleh Direktur Angkutan Jalan Perhubungan Darat Ahmad Yani, Dir Gakkum Korlantas Polri Brigjen Pujiono Dulrahman, Direktur Pemasaran PT Pertamina Basuki Trikora Putra, serta Pengamat Kebijakan Publik Agus Pambagio. (mar)