PSBB Transisi(Foto: Kastara.ID/Dian Safitri)

Kastara.ID, Jakarta – Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengatakan, penumpang penumpang Kereta Rel Listrik (KRL) sudah semakin mematuhi protokol kesehatan semakin meningkat di masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Transisi DKI Jakarta.

“Kepatuhan masyarakat (dalam menjalankan protokol kesehatan) ada peningkatan. Tidak ada masyarakat yang tidak menggunakan masker,” kata Doni dikutip dari keterangan tertulis sebagaimana dilansir CNNIndonesia.com, Senin (8/6).

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) itu mengaku sengaja melakukan peninjauan Stasiun Manggarai, guna melihat kesiapan, kapasitas, dan pelayanan penumpang KRL.

Melihat pergerakan lalu lalang penumpang di dalam kawasan stasiun, Doni menilai masyarakat sudah memiliki kesadaran untuk mulai menerapkan kewaspadaan serta menjaga kesehatan pribadi dan orang sekitar di tengah masifnya penularan virus corona.

Selain itu, Doni menyebut kesadaran dan kewaspadaan warga dapat dilihat dari minimnya jarak berdempetan di dalam KRL. Upaya itu ia harapkan dapat selalu dipatuhi warga, guna mengurangi risiko warga tertular dari orang yang positif terinfeksi covid-19.

Doni juga mengapresiasi layanan publik dari pihak stasiun yang telah memberikan fasilitas cuci tangan lengkap dengan sabun yang tersebar di beberapa titik lokasi di stasiun. Ia berharap fasilitas cuci tangan dapat tersedia di beberapa unit pelayanan angkutan publik lainnya. Di samping itu, dia menyarankan setiap warga selalu membawa hand sanitizer pribadi. (ant)