Jakarnaval 2018

Kastara.id, Jakarta – Penyelenggaraan Jakarnaval pada hari Minggu, 8 Juli 2018 akan diwarnai beragam kegiatan yang menggelorakan semangat Asian Games dan Asian Para Games.

Menurut Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Asian Games XVIII merupakan kesempatan untuk kembali mengingat dan merefleksi diri dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

“Ini momentum baik bagi warga Jakarta dan bangsa Indonesia, secara keseluruhan, untuk bersatu dalam berbagai keragamannya dan meraih prestasi maupun menjaga reputasi sebagai tuan rumah yang baik,” kata Anies, Minggu (8/7).

Pelaksanaan Jakarnaval bertema “The Spirit of Jakarta” menjadi bagian dari peringatan HUT ke-491 Kota Jakarta. “Kita ingin Jakarnaval mampu menghadirkan citra Jakarta yang membanggakan di mata dunia,” harapnya.

Jakarnaval akan berlangsung mulai pukul 15.30-18.00 WIB dan diikuti 4.000 peserta yang terbagi dalam dua rute.

Peserta akan memeriahkan Jakarnaval 2018 dengan pawai seni dan budaya serta parade 70 kendaraan hias dari berbagai komunitas maupun instansi lintas sektoral. Akan ada atraksi utama dari pasukan pembawa bendera 45 negara peserta Asian Games yang didampingi Abang-None Jakarta.

Pawai dengan berjalan kaki akan dimulai di depan Balai Kota DKI Jakarta, mengitari Patung Arjuna Wijaya, melewati Kantor RRI, dan berakhir di sisi barat Silang Monas. Sedangkan pawai kendaraan hias dimulai dari depan Balai Kota DKI Jakarta, mengitari Patung Arjuna Wiwaha, melewati kantor RRI, dan pawai berakhir di Harmoni.

Pawai akan dilepas langsung oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Jakarnaval 2018 akan berlanjut dengan panggung hiburan di Monas yang menampilkan sejumlah artis papan atas Ibukota.

Pembukaan Jakarnaval Tahun 2018 rencananya akan dihadiri Duta Besar (Dubes) dari negara peserta Asian Games dan Asian Para Games 2018. (lana)