WHO

Kastara.ID, Jakarta – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump secara resmi menarik diri keluar dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), melalui pemberitahuan resmi kepada Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Selasa (7/7).

Senator Robert Menendez dari Komite Hubungan Luar Negeri mengkonfirmasi lewat Twitter. “Kongres menerima pemberitahuan bahwa POTUS secara resmi menarik AS dari WHO di tengah pandemi.”

Sementara Juru Bicara Sekretaris Jenderal PBB António Guterres mengaku telah menerima pemberitahuan itu dan sedang melakukan verifikasi bersama WHO apakah semua syarat penarikan telah dipenuhi oleh AS.

Ketentuan itu termasuk memberikan pemberitahuan satu tahun dan memenuhi kewajiban keuangan.

Rencana Trump untuk mengakhiri hubungan antara AS dengan WHO telah disampaikan akhir Mei lalu. Hal itu sebagai buntut atas kekecewaan AS terhadap kegagalan WHO dalam mengatasi penyebaran virus corona.

Diketahui, AS menyumbangkan US$ 445 juta kepada WHO setiap tahun dari total US$ 4,8 miliar bujet lembaga itu. Jumlah tersebut yang terbesar dari negara lain.

Trump berulang kali menuding organisasi itu bias terhadap China, negara tempat virus corona pertama kali terdeteksi dan menyebar.

Trump menganggap WHO tidak serius menanggapi wabah corona di China hingga akhirnya menyebar ke seluruh dunia. Trump bahkan menyebut WHO sebagai boneka China karena dinilai terus membela Negeri Tirai Bambu. (har)