Vaksin Keliling

Kastara.ID, Jakarta – Pemprov DKI Jakarta meluncurkan program vaksinasi keliling. Peluncuran program ini ditandai dengan pelaksanaan uji coba di kawasan Pasar Senen, Jakarta Pusat (7/7).

Dalam acara tersebut selain Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, hadir pula Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran, Pangdam Jaya Mayjen TNI Mulyo Aji, dan Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) DKI Jakarta Asri Agung Putra. Dalam keterangannya, Anies mengatakan, total ada 16 mobil vaksin yang akan digunakan untuk melakukan vaksinasi Covid-19 keliling di wilayah ibukota Jakarta.

Anies menjelaskan mobil vaksin tersebut hasil kerja sama Pemprov DKI Jakarta dengan berbagai pihak, baik instansi pemerintah maupun swasta. Anies merinci ada 3 mobil dari Polda Metro Jaya, 3 dari Kodam, Jaya, 2 dari Kemendikbud, 5 dari DKI, dan 3 dari PT Magenta Media Tama.

Pemprov DKI Jakarta juga berkolaborasi dengan kalangan pengusaha dari Aprindo, Apindo, Hipindo, Kadin, dan para relawan yang menjadi tenaga pelaksana program vaksinasi keliling Covid-19. Nantinya menurut Anies mobil vaksin keliling akan mendatangi permukiman warga untuk melakukan vaksinasi Covid-19.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) tidak ada kuota atau batasan jumlah penerima vaksin setiap hari. Warga yang ingin wilayah pemukimannya didatangi mobil vaksin keliling bisa mengajukan melalui aplikasi Jakarta Kini atau JAKI.

Ditarget mobil vaksin keliling bisa melakukan penyuntikan vaksin virus corona kepada 1.000 orang per kelurahan. Termasuk terhadap anak-anak berusia 12 tahun. Anies berharap mobil vaksin keliling ini mampu mendatangi masyarakat yang selama ini memiliki kendala lokasi.

Anies juga berharap dengan peluncuran mobil vaksin keliling, target jumlah warga yang divaksin sebanyak 7,5 juta bisa tercapai. Jumlah itu ditargetkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) rampung oada akhir Agustus 2021. Sampai saat ini menurut Anies sudah 4,9 juta warga DKI Jakarta yang sudah mendapat vaksinasi Covid-19. (hop)