Jakarta Fashion and Food Festival 2019

Kastara.ID, Jakarta – Pagelaran Jakarta Fashion and Food Festival (JFFF) ke 16 tahun 2019 resmi dibuka, Rabu (7/8) malam. Event yang diinisiasi PT Summarecon Tbk bakal berlangsung hingga 7 September nanti.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta Edi Junaedi mengatakan, ajang ini merupakan salah satu wujud nyata kolaborasi pemerintah provinsi DKI dan private sector.

Menurut dia, acara promosi pariwisata tak melulu harus berasal dari pemerintah. Seperti JFFF ke-16 ini, acara promosi pariwisata digelar dari inisiasi sektor swasta.

“JFFF yang sudah digelar konsisten 16 kali ini menjadi trend of event kami. Jakarta sudah harus menempatkan pariwisata dan ekonomi kreatif sebagai lokomotif pertumbuhan ekonomi,” ujarnya.

Dijelaskan Edi, ajang JFFF menjadi etalase bagi karya-karya kreatif dalam bidang fashion dan kuliner yang mampu mendatangkan banyak pengunjung lokal maupun mancanegara. Perhelatan yang digelar selama sebulan penuh ini dipastikannya berimbas ke perekonomian usaha kecil dan menengah.

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) DKI Jakarta Fery Farhati Ganis, mengapresiasi ajang tahunan ini. Menurutnya, ajang JFFF akan memotivasi pengrajin binaannya untuk meningkatkan kualitas dan prestasi.

“Kami memberikan kesempatan pengrajin kita tampil di ajang nasional agar mereka naik kelas. Karena di sini ada seleksi dan dorongan berprestasi,” tegasnya.

Presiden Direktur PT Summarecon Agung Tbk Arianto P Adhi menerangkan, acara JFFF diikuti 100 peserta yang berkecimpung di dunia mode dan kuliner khas Indonesia. Tujuh puluh persen di antaranya berasal dari Usaha Kecil dan Menengah (UKM).

“Khususnya di sektor mode dan kuliner guna memperkuat daya tarik Jakarta sebagai destinasi wisata,” tandasnya.

Sebagai informasi, acara Fashion Show akan diadakan pada 15-21 Agustus 2019 di Ballroom Hotel Haris dan Convention Kelapa Gading. Sedangkan di Summarecon Mall Kelapa Gading 3, Fashion Show akan digelar pada 8-18 Agustus  2019.

Kemudian ada pula Fashion Village di Mall Kelapa Gading 3 pada 7-25 Agustus. Sedangkan Kampoeng Tempo Doeloe digelar 7 Agustus hingga 8 September di La Piazza.

Selanjutnya, Wonderful Culinary Expo digelar mulai 7 Agustus hingga 1 September 2019 di Multi Purpose Hall La Piazza. Adapun pada JF3 Run, akan digelar pada 25 Agustus 2019 mendatang. (hop)