Beranda Headline Berita Ketika Esemka Dituduh Menjiplak Volvo

Ketika Esemka Dituduh Menjiplak Volvo

Kastara.ID, Jakarta – PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) Boyolali, Jawa Tengah, ternyata tidak hanya memproduksi mobil niaga. Saat peluncuran mobil pick up Bima pada Jumat (5/9) oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), tampak pula dipamerkan beberapa mobil penumpang.

Tiga mobil berjenis Sport Utility Vehicle (SUV) terlihat dipajang di acara tersebut. Ketiganya bernama Garuda, Rajawali, dan Moose. Garuda dan Rajawali memiliki model yang serupa dengan SUV lain yang banyak terlihat di jalanan.

Perhatian justru tertuju pada mobil Moose. Pada bagian belakang tertempel tulisan
‘Armored by Esemka’. Mobil ini kabarnya mempunyak fitur antipeluru. Sayangnya pihak PT SMK enggan membeberkan lebih jauh tentang ketiga mobil tersebut.

Namun ada yang aneh pada ketiga mobil bertampang keren tersebut. Pasalnya pada setir mobil tersebut terlihat logo bertuliskan “Volvo”. Hal ini pun memunculkan dugaan PT SMK tidak benar-benar memproduksi mobil. Melainkan hanya sekadar perusahaan perakitan saja.

Sebelumnya kehadiran mobil pick up Bima juga mengundang anggapan yang sama. Pasalnya bentuk dan model mobil Esemka Bima sama persis dengan mobil Changan buatan China. Keduanya pun sama-sama jenis pick up. Muncul tuduhan Esemka Bima tak lebih sekedar Changan yang dirakit dan diganti logo saja. (sla)

- Advertisement -

TERBARU

Inflasi Bakal Terkerek Kenaikan Tarif Cukai Rokok

Kastara.ID, Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) mengharapkan kenaikan tarif cukai hasil tembakau (CHT) atau rokok sebesar 23 persen dan peningkatan harga jual eceran...