Kantor Pemerintah

Kastara.ID, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar ratusan bangunan yang rusak akibat unjuk rasa yang berujung rusuh di Kota Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua, diperbaiki.

Ratusan gedung tersebut mencakup kantor pemerintahan, rumah warga, serta ruko dan tempat usaha.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengonfirmasi hal tersebut usai bertemu Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (8/10).

 

Basuki menyebutkan ada ratusan bangunan yang rusak, antara lain 10 kantor pemerintahan mengalami rusak berat, seperti Kantor Sekretariat Daerah, Badan Pengelola Keuangan Daerah, Inspektorat, Dinas Komunikasi dan Informasi.

Kemudian Kantor Satpol PP, Badan Lingkungan Hidup, Kantor PLN, Kantor Urusan Agama, hingga Dinas Perhubungan. Sementara kantor pemerintahan yang mengalami rusak ringan antara lain 8 kantor dan 28 sarana pendidikan. Selanjutnya, kata Basuki, ruko tempat yang mengalami kerusakan sebanyak 450 unit dan 165 unit rumah warga.

Basuki mengatakan, berdasarkan laporan tim Kementerian PUPR, kerusakan bangunan terjadi pada atapnya, sementara konstruksi bangunan masih terbilang aman. Ia mengaku sudah mengirim Tim Badan Penelitian dan Pengembangan untuk mengaudit konstruksi bangunan yang rusak.

Saat ini pihaknya sedang melakukan pembersihan dan proses pengerjaan akan dibantu anggota TNI. (rya)