MotoGP Portugal 2020(motogp.com)

Kastara.ID, Portimao – Pembalap Aleix Espargaro dari Aprilia Racing Team Gresini tampil tercepat di hari pertama tes MotoGP di Sirkuit Portimao, Portugal (7/10).

Aleix mencetak waktu lap terbaik 1 menit 40.170 detik di sirkuit yang baru bagi semua pembalap MotoGP.

Waktu yang diraih oleh pembalap Spanyol itu lebih baik dari Pole time tahun lalu yang didapat pembalap World Superbike Jonathan Rea dari Kawasaki Racing Team.

Tahun ini final MotoGP akan berlangsung di Autodromo Internacional do Algarve, ini akan menjadi pertama kalinya para pembalap Grand Prix merasakan balapan di Sirkuit Portimao  yang bakal dihelat akhir pekan 22 November.

Sebelumnya, pembalap MotoGP sekarang bisa merasakan tes pengenalapn sirkuit dengan mayoritan pembalap reguler hadir, kecuali Fabio Quartararo, Iker Lecuona, dan Cal Crutchlow.

Hanya saja pembalap resmi tidak diizinkan untuk berkendara dengan motor resmi, kecuali pembalap penguji boleh menggunakannya dan dua pembalap Aprilia Aleix dan Bradley Smith, pembalap lain hanya boleh dengan mesin superbike untuk mendapatkan kesan pertama tentang karakteristik trek.

Di hari pertama Aleix menempati puncak timesheets. Pembalap asal Granollers itu bahkan berhasil mencatatkan lap tercepat yang pernah dilakukan seorang pembalap sepeda motor di sirkuit Portugal.

Rekan setim Aleix, Smith juga tampil tercepat kedua, mengalahkan test rider HRC, Stefan Bradl yang berada di posisi ketiga.

Tes kali ini memang bukan soal mencetak waktu lap terbaik karena fokus utama semua pembalap adalah untuk mengetahui lintasan yang sulit.

Pembalap Yamaha Valentino Rossi melukiskan lintasannya sebagai sirkuit yang manis dan menakutkan. Sedangkan Maverick Vinales sangat menikmati tikungan terakhir yang cepat.

Sementara pembalap Ducati Andrea Dovizioso, Jack Miller, Danilo Petrucci, Francesco Bagnaia, Johann Zarco, dan Tito Rabat serta penguji mereka, Michele Pirro, tampil sedikit kesusahan. Soal daya cengkeram, aspal Portimao disebut cukup mengesankan.

Hasil Tes Pengenalan MotoGP Portimao, Portugal 2020:

  1. Aleix Espargaró (Aprilia) 1m 40.170s
  2. Bradley Smith (Aprilia) 1m 41.112s
  3. Stefan Bradl (Honda) 1m 41.726s
  4. Michele Pirro (Ducati) 1m 42,189s
  5. Dani Pedrosa (KTM) 1m 42.289s
  6. Sylvain Guintoli (Suzuki) 1m 42,336s
  7. Maverick Viñales (Yamaha) 1m 43.699s
  8. Miguel Oliveira (KTM) 1m 44.700s
  9. Brad Binder (KTM) 1m 44.820s
  10. Jorge Lorenzo (Yamaha) 1m44.910s

Tes akan berlanjut di hari kedua (Kamis (8/10) tapi hanya untuk pembalap penguji saja. (tra)