Headline

Pelatihan dan Sertifikasi Penjamah Makanan Digelar Pemprov DKI

Kastara.ID, Jakarta – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bekerja sama dengan Asosiasi Profesi Keamanan Pangan Indonesia (APKEPI) menyelenggarakan pelatihan dan sertifikasi bagi Food Handler atau Penjamah Makanan.

Pelatihan yang diselenggarakan pada 1-24 Oktober 2020 ini diikuti oleh 816 peserta yang merupakan Jakpreneur berbagai SKPD, penjamah makanan di hotel maupun restoran, termasuk pelaku usaha katering.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Parekraf DKI Jakarta Gumilar Ekalaya mengatakan, pelatihan dilaksanakan secara daring. Sedangkan tes sertifikasi kompetensi dilaksanakan secara tatap muka.

“258 dari 816 peserta yang terdaftar dalam kegiatan ini berasal dari Dinas Parekraf. Berkenaan dengan situasi pandemi Covid-19, supaya para penjamah makanan punya kompetensi menangani makanan secara aman dan tetap menerapkan protokol kesehatan,” ujarnya, Kamis (8/10).

Gumi menjelaskan, materi yang diberikan yakni tentang keamanan dan kehigienisan makanan. Pelatihan ini diikuti 50 peserta per sesi. Sedangkan untuk sertifikasi kompetensi jumlah yang diuji 10 peserta per hari.

Menurut Gumi, pelatihan dan sertifikasi kompetensi bagi penjamah makanan ini sangat bermanfaat bagi jasa usaha makanan dalam meningkatkan kepercayaan konsumen karena makanan yang disajikan terjaga kesehatan dan kebersihannya sehingga aman untuk dikonsumsi.

“Diharapkan, melalui pelatihan dan sertifikasi kompetensi ini penjamah makanan dapat memahami dan mempraktikan penanganan pangan dalam hal ini mengolah makanan yang higienis dan aman,” tandas Gumi. (hop)

Leave a Comment

Recent Posts

99 Elemen Masuk Barisan di KBBI Siap Menangkan Imam Budi Hartono di Pilkada Depok

Kastara.Id,Bogor - Puluhan elemen atau relawan warga Kota Depok terhimpun dalam Keluarga Besar Bang Imam…

Selamat Ginting: Salim Said Bagai Kamus Berjalan Soal Politik dan Militer

Kastara.id,Jakarta - Pengamat politik dan militer Universitas Nasional (Unas) Selamat Ginting mengungkapkan sosok almarhum Prof…

SIT Darul Abidin Anak Didiknya Menciptakan Permainan Sehingga Otaknya Lebih Sehat

Kastara.Id,Depok - Wakil Walikota Depok Imam Budi Hartono memberikan Sambutan dalam Kegiatan Scratch Day Celebration…

KPU Depok Pastikan Tidak Diikuti Oleh Calon Perseorangan Dalam Pilkada 2024

Kastara.Id,Depok - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok, Jawa Barat Wili Sumarlin memastikan pemilihan…

55 Anggota PPK Depok di Lantik Dan Langsung Berkerja Untuk Pilkada Serentak 2024

Kastara.Id,Depok - Kali ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok, Jawa Barat secara  resmi melantik…

Pencabutan dan Pembatalan Surat Pernyataan Sikap

Kastara.Id,Depok - Berdasarkan  Nomor  015/BSS/PS/V-2024 TANGGAL 14 MEI 2024.  Seluruh jajaran pengurus Perkumpulan Barisan Supian…