Eko Yuli Irawan

Kastara.id, Jakarta – Rezeki ternyata menjadi milik lifter angkat besi Indonesia Eko Yuli Irawan. Bayangkan, dalam kurun waktu kurang lebih satu bulan, Eko mendapatkan dua kabar baik dalam hidupnya yakni, menjadi calon PNS Kemenpora hingga mendapat gelar juara dunia pada Kejuaraan Dunia Angkat Besi 2018 di Ashgabat, Turkmenistan.

Perasaan gembira diekspresikan Eko Yuli ketika diajak oleh Menpora Imam Nahrawi bertemu Presiden Joko Widodo usai menyandang gelar juara dunia angkat besi. Prestasi itu jelas menjadi tambahan motivasi bagi Eko setelah sebelumnya mengikuti tes sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil di Kemenpora.

Kesempatan untuk mengikuti seleksi dan pengangkatan olahragawan berprestasi menjadi calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2018 di ingkungan Kementerian Pemuda dan Olahraga adalah salah satu motivasi dari pemuda 29 tahun itu. “Yang pasti ada motivasi berkesempatan untuk mengikuti seleksi CPNS. Setiap ada apresiasi, saya berusaha untuk membalasnya dengan prestasi, dan alhamdulillah setelah ikut tes saya berhasil mendapatkan juara dunia. Ini rezeki yang luar biasa,” kata Eko.

Karena itu, atlet yang bergabung di Jawa Timur ini berharap dapat lolos dan diangkat menjadi PNS. Dia juga mengucapkan terima kasih karena pemerintah terus mendukung atlet Indonesia. “Alhamdulillah, senang dan terima kasih atas dukungannya. Sekarang bisa juara dunia. Mudah-mudahan dukungan ini tidak menurun dan meningkat sampai ke Olimpiade nantinya,” tambahnya.

“Ke depan, kita harus tetap konsisten dan pertahankan ini. Saya berharap pemerintah terus mendukung. Sekali lagi, terima kasih sudah diberi kesempatan untuk mengikuti seleksi CPNS,” papar Eko.

Kemenpora pun memberikan apresiasi penghargaan senilai Rp 200 juta kepada Eko Yuli Iriawan usai menyabet gelar juara dunia di Kejuaraan Dunia Angkat Besi 2018, di Ashgabat, Turkmenistan. Penghargaan itu diberikan langsung Menpora Imam Nahrawi di Media Center, Kemenpora, Senayan, Jakarta, Kamis (8/11) siang.

Lifter berusia 29 tahun ini, menjadi juara dunia kelas 61 kg pada IWF World Championships 2018 sekaligus mengoleksi tiga medali emas untuk kategori angkatan snatch, clean & jerk, serta angkatan total menyisihkan para rival-rival terdekatnya dari Tiongkok dan negara pecahan Rusia. “Kami memberikan secara simbolik bonus sebesar Rp 200 juta dan untuk pelatih sebesar Rp 100 juta. Sebelumnya Presiden Jokowi juga memberikan bonus sebesar Rp 250 juta di Istana Negara,” kata Menpora.

Menpora yang didampingi Deputi Peningkatan Prestasi Olahraga Mulyana dan Deputi Pembudayaan Olahraga Raden Isnanta menyampaikan bahwa Presiden memberikan apresiasinya di Istana Merdeka tadi pagi. “Presiden betul-betul konsen bahwa cabang-cabang olahraga unggulan Indonesia harus betul-betul mendapatkan porsi dan perhatian lebih daripada yang lain,” katanya.

“Seperti yang kita tahu bersama bahwa angkat besi, bulutangkis dan beberapa cabor lain yang sudah biasa memberi harapan bagi Indonesia di Olimpiade akan kita maksimalkan termasuk untuk angkat besi,” ujarnya.

Ia melanjutkan, Eko dan teman-teman dari PABBSI mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah. Karenanya, sudah barang tentu akan ada model tambahan pembiayaan untuk try out menuju Olimpiade 2020 harus betul-betul diperhatikan dengan baik. Oleh karena itu, Presiden meminta kepada seluruh cabang olahraga agar pelatnas jangka panjang itu menjadi sesuatu yang mutlak tidak boleh terputus.

Pemerintah betul-betul ingin memberikan perhatian yang lebih serius lagi, tidak hanya memberikan penghargaan atau bonus, tapi lebih dari itu harus menjadi stimulan baru bagi semua atlet. “Bahwa hari ini pemerintah betul-betul memberikan perhatian lebih pada atlet sehingga kita akan memaksimalkan anggaran yang ada untuk betul-betul ke nomor event, tidak semua nomor akan mendapatkan prioritas. Karena kita tahu tahun 2020 adalah pintu masuk untuk pembuktian hasil Asian Games, maka tentu medalinya lebih banyak dari pada Olimpiade Brasil 2016,” jelasnya.

Sementara itu Eko Yuli Irawan berharap kepada teman-teman atlet untuk lebih terpacu lagi memberikan prestasi. “Saya berharap semua teman-teman atlet bisa lebih terpacu lagi memberikan prestasi terbaik. Di luar multievent pun kami dihargai dengan pemberian bonus, karena itu semua atlet bisa berprestasi di luar multievent. Kami syukuri, bonus ini termasuk besar. Untuk single event, ini yang pertama kali dapat sebesar ini,” ujarnya. (nur)