Gowes Ontel Pakai Sepeda Bareng-Bareng (Go PSBB)

Kastara.ID, Jakarta – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berkolaborasi dengan Padepokan Dakwah Sunan Kalijaga (Padasuka) melaksanakan Gowes Ontel Pakai Sepeda Bareng-Bareng (Go PSBB), Ahad (8/11). Sebanyak 160 peserta yang merupakan anggota komunitas sepeda ontel dari Jakarta dan luar Jakarta ikut meramaikan.

Salah satu peserta dari Tangerang bernama Wahyu (24) datang dari rumahnya ke Monas, Jakarta Pusat, mengayuh sepeda ontel miliknya untuk ikut serta dalam acara ini bersama teman-temannya.

“Saya penyuka sepeda tua sejak kelas 1 SMP, saya punya dua sepeda ontel. Ini pertama kali saya ikut event gowes di Jakarta. Selain gerakin badan untuk meningkatkan imunitas, biar bisa kenal dengan anggota komunitas sepeda ontel lainnya,” ungkap Wahyu.

Ketua Umum Padepokan Dakwah Sunan Kalijaga, Syarif Rahmat mengatakan, kegiatan GO PSBB memiliki makna kesederhanaan dan kebersamaan.

“Idenya sederhana menghidupkan kembali kehidupan kita yang serba sederhana dan bersama. Kalau kita menggunakan yang mewah banyak orang yang tidak mampu. Tapi kalau sederhana tidak ada alasan tidak ikut bergembira di sini,” terang Syarif.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga DKI Jakarta Achmad Firdaus mengatakan, acara ini juga dalam rangka menyambut peringatan Hari Pahlawan dan memasyarakatkan olaharaga dengan bersepeda.

Menurutnya, sepeda ontel sarat akan nilai sejarah karena tokoh maupun pendahulu bangsa menggunakan sepeda sebagai sarana transportasi mereka.

“Selain dalam rangka memperingati Hari Pahlawan, kami ingin mengajak masyarakat bersepeda dan meningkatkan imunitas. Supaya sesuai dengan tema acara GO PSBB, pandemi cepat berakhir,” tandasnya. (hop)