Polda Metro Jaya

Kastara.ID, Jakarta – Mantan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab (HRS) dikabarkan mengalami sakit saat tengah menjalani penahanan di Rutan Polda Metro Jaya. HRS diduga mengalami maag akut. Penyakit tersebut memang sudah diderita HRS sebelumnya.

Anggota tim kuasa hukum HRS, Sugito Atmo Prawiro mengkonfirmasi kebenaran kabar tersebut. Saat memberikan keterangan (7/1), Sugito menceritakan bahwa HRS sudah merasa tidak enak badan sejak malam tahun baru 2021. Bahkan saat itu HRS minta oksigen kepada Polda Metro Jaya. Namun karena tidak tersedia, akhirnya tabung oksigen dikirim dari Petamburan.

Pihak keluarga dan tim kuasa hukum khawatir kondisi HRS akan semakin buruk. Itulah sebabnya tim kuasa hukum akan segera mengajukan permohonan pembantaran. Diharapkan HRS bisa dibantarkan ke RS Cipto Mangunkusumo (RSCM) guna menjalani perawatan lebih intensif.

Sugito mengaku khawatir terjadi hal yang fatal terhadap HRS. Tindakan pembantaran diharapkan bisa membuat tersangka kasus penghasutan itu pulih dari sakitnya.

Sementara Direktur Tahanan dan Barang Bukti Polda Metro Jaya AKBP Rahmat mengakui HRS mengalami gangguan kesehatan. Rahmat mengatakan, HRS sempat mengeluhkan sesak nafas. HRS mengaku memiliki riwayat sakit jantung.

Saat memberikan keterangan (7/1), Rahmat sudah menawarkan oksigen. Nanum HRS menolak dan memilih membawa tabung oksigen sendiri. Rahmat menambahkan pihaknya akan selalu mengawal kesehatan HRS selama menjalani masa penahanan di Rutan Narkoba Polda Metro Jaya.

Rahmat menegaskan, pihaknya selalu melakukan pemeriksaan kesehatan rutin. Hal ini guna memastikan kondisi kesehatan ulama yang November 2020 lalu baru pulang dari Arab Saudi itu. (ant)