South Sumatera Millenial Road Safety Festival

Kastara.ID, Palembang – Kementerian Perhubungan mendukung program keselamatan jalan khusunya bagi para generasi muda atau milenial. Sebagai generasi penerus bangsa, kaum milenial perlu disadarkan bahwa keselamatan berkendara di jalan adalah hal yang utama dan tidak bisa ditoleransi.

“Kami dukung, kegiatan kampanye keselamatan ini sangat penting untuk menyadarkan kaum milenial akan pentingnya keselamatan berkendara di jalan raya,” ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi usai menghadiri South Sumatera Millenial Road Safety Festival di Benteng Kuto Besak, Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu (9/3).

Kegiatan bertema “Millenial Road Safety Festival” ini merupakan kegiatan yang digagas oleh Kepolisian Repubik Indonesia yang memiliki tujuan mengedukasi kaum muda untuk menjadi pelopor bijak dalam berkendara.

Pada acara yang dihadiri oleh Presiden Joko Widodo tersebut, Presiden mengatakan bahwa kecelakaan lalu lintas menempati peringkat nomor lima sebagai “pembunuh” di Indonesia. Karena itu, Presiden meminta semua orang harus mentaati peraturan lalu lintas seperti: jangan menggunakan ponsel ketika berkendara, menggunakan helm, membawa SIM dan STNK, serta memastikan kendaraan harus laik jalan misalnya dengan mengecek spion, ban, dan lampu kendaraan.

“Jangan main HP saat berkendara. Jangan telepon-teleponan, berbahaya sekali. Waktu berkendara tidak boleh main HP. Naik mobil pun juga. Juga harus taat dengan peraturan lalu lintas” tambah Presiden Jokowi.

Di akhir acara, Presiden Jokowi bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan Kakorlantas Irjen Refdi Andri, menekan bel secara simbolis sebagai tanda deklarasi keselamatan berlalu-lintas. Kemudian kaum milenial Sumatera Selatan juga turut mengucapkan deklarasi keselamatan jalan. (mar)