Vietnam

Oleh: Jaya Suprana

SAHABAT saya penerima anugerah MURI sebagai pejabat protokol istana kepresidenan selama 17 tahun melayani enam presiden RI merangkap Ketua Pramuka Asia Pasifik, yang kini Duta Besar Republik Indonesia di Bangkok, Ahmad Rusdi berbagi kisah sukses Vietnam berjaya melawan angkara murka pageblug virus Corona alias Covid-19.

WHO
Tidak kurang dari WHO telah menyatakan Vietnam termasuk negara paling berhasil dalam upaya meredam pandemi Covid-19.

Sebuah indikasi keberhasilan tersebut adalah sampai saat naskah ini ditulis fakta sementara membuktikan bahwa Vietnam berhasil menihilkan angka mortalitas akibat wabah Corona. Data 30 Maret membuktikan bahwa dari 194 kasus positif Corona sudah 25 pasien senbuh dan syukur alahamdiullilah tidak ada korban jiwa. Sementara pada saat yang nyaris sama, China memiliki 81.470 kasus positif dengan angka mortalutas 3.304 korban nyawa.

Responsif
Faktor utama penyebab Vietnam yang secara geografis bertetangga dengan China mampu sukses menanggulangi Corona adalah sikap pemerintah Vietnam yang sangat responsif dalam menghadapi ancaman prahara COVID-19. Saat kasus positif baru 6 orang, pemerintah segera menyatakan status prahara pandemik nasional. Vietnam memblokade penerbangan dari dan ke China dan memperketat pemberian visa bagi turis asing. Pemerintah juga langsung me-lockdown desa Son Loi yang dihuni 10.600 orang pada saat kasus positif di desa tersebut mencapai jumlah 16 orang. Isolasi, pemeriksaan, dan pelacakan ke pasien positif dan orang berpotensi tertular gencar dilakukan.

Pemerintah Vietnam juga jujur, terbuka dan transparan dalam memberikan data dan informasi. PM Nguyen Phuc yang sejak awal menyatakan perang total melawan COVID-19, mengerahkan mahasiswa kedokteran, dokter dan perawat aktif maupun pensiun.

“Negara Vietnam telah merespons sejak tahap awal wabah ini terjadi dengan mengintensifkan pengawasan, meningkatkan tes lab, memastikan kontrol dan pencegahan penularan,” demikian pernyataan Dr. Kidong Park, representatif WHO di Hanoi.

INDONESIA
Saya tidak berkapasitas untuk menilai berita tersebut benar atau propaganda atau hoaks. Namun dengan asumsi bahwa berita itu benar maka sebagai warga ASEAN, saya menyampaikan selamat kepada bangsa, negara, dan rakyat Vietnam telah terbukti mampu bersatu padu menanggulangi pageblug wabah Covid-19 yang ternyata tidak mustahil ditanggulangi.

Sebagai warga Indonesia, saya merasa yakin bahwa bangsa, negara, dan rakyat Indonesia tidak kalah ketimbang Vietnam dalam bersatu padu demi berjaya melawan ancaman angkara murka prahara wabah Corona.

Fakta sejarah telah membuktikan Vietnam berjaya mengusir Prancis dan Amerika Serikat dari bumi Vietnam sementara Indonesia berjaya mengusir Jepang dan Belanda serta sekutunya dari persada Nusantara. Kalau mau pasti mampu!

MERDEKA! (*)

* Penulis adalah warga Indonesia yakin bangsa, negara dan rakyat Indonesia mampu berjaya menumpas angkara murka prahara Corona.