Headline

Muhammadiyah Pastikan 1 Ramadan pada 13 April 2021

Kastara.ID, Jakarta – Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah sudah menetapkan awal Ramadan 1442 Hijriah jatuh pada Selasa, 13 April 2021. Sedangkan Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah jatuh pada 13 Mei 2021. Keputusan tersebut berdasarkan hasil perhitungan hisab hakiki wujudul hilal yang dilakukan oleh Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

Sementara Kementerian Agama (Kemenag) dijadwalkan bakal menggelar sidang isbat pada Senin  (124). Sidang isbat digelar untuk menentukan awal Ramadan 1442 Hijriah. Sidang isbat tahun ini akan dilaksanakan secara online, seperti juga pada tahun lalu. Hal ini lantaran masih dalam situasi pandemi Covid-19.

Dirjen Bimas Islam Kemenag Kamaruddin Amin dalam keterangan resminya (8/4) mengatakan, sidang isbat akan dibagi menjadi tiga tahap. Pertama, dilakukan pemaparan posisi hilal yang dilakukan oleh anggota Tim Unifikasi Kalender Hijriyah Kemenag. Tahap ini akan disiarkan secara lansung dimulai pada pukul 16.45 WIB.

Kamaruddin menjelaskan secara perhitungan atau hisab posisi hilal awal Ramadan 1442 Hijriah berkisar antara 2 derajat 37 menit sampai 3 derajat 36 menit. Sehingga hilal atau bulan baru diperkirakan sudah berada di atas ufuk. Namun menurut Kamaruddin, hasil hisab masih akan disesuaikan dengan rukyatul hilal atau melihat langsung posisi bulan baru yang  rencananya akan digelar di 86 titik di seluruh Indonesia.

Kamaruddin menambahkan, di Jakarta, rukyatul hilal antara lain akan dilaksanakan di gedung Kanwil Kemenag DKI Jakarta, Kepulauan Seribu, Masjid KH Hasyim Asy’ari, dan Masjid Al Musyari’in Basmol.

Pada tahap kedua akan dalam agenda sidang isbat awal Ramadan yang digelas secara tertutup setelah sholat Maghrib. Sidang isbat akan diakhiri dengan konferensi pers hasil sidang isbat oleh Menteri Agama yang akan disiarkan TVRI dan media sosial resmi Kemenag.

Kamaruddin menuturkan pelaksanaan sidang isbat akan dihadiri oleh perwakilan Komisi VIII DPR, Mahkamah Agung, ormas-ormas Islam hingga lembaga yang berkaitan dengan Hisab dan Rukyat. Sesuai Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Nomor 2 tahun 2004 tentang Penetapan Awal Ramadan, Syawal, dan Zulhijjah, sidang isbat dilaksanakan setiap tanggal 29 di tiap bulan hijriah. Hal ini juga untuk menentukan awal bulan serta hari-hari besar Islam, seperti Idul Fitri dan Idul Adha. (ant)

Leave a Comment

Recent Posts

SIT Darul Abidin Anak Didiknya Menciptakan Permainan Sehingga Otaknya Lebih Sehat

Kastara.Id,Depok - Wakil Walikota Depok Imam Budi Hartono memberikan Sambutan dalam Kegiatan Scratch Day Celebration…

KPU Depok Pastikan Tidak Diikuti Oleh Calon Perseorangan Dalam Pilkada 2024

Kastara.Id,Depok - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok, Jawa Barat Wili Sumarlin memastikan pemilihan…

55 Anggota PPK Depok di Lantik Dan Langsung Berkerja Untuk Pilkada Serentak 2024

Kastara.Id,Depok - Kali ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok, Jawa Barat secara  resmi melantik…

Pencabutan dan Pembatalan Surat Pernyataan Sikap

Kastara.Id,Depok - Berdasarkan  Nomor  015/BSS/PS/V-2024 TANGGAL 14 MEI 2024.  Seluruh jajaran pengurus Perkumpulan Barisan Supian…

Selamat Ginting: Jurnalisme Investigasi Berkontribusi Terhadap Pemerintahan Demokrati

Kastara.Id,Jakarta - Pengamat politik Universitas Nasional (Unas) Selamat Ginting menegaskan, jurnalisme investigasi keberadaannya sangat penting…

Selamat Ginting : Demokrasi Asli Indonesia Sumbernya Semangat Kolektivisme

Kastara.Id,Jakarta - Pengamat politik Universitas Nasional (Unas) Selamat Ginting mengungkapkan, demokrasi asli Indonesia sumbernya adalah…