Depok
Kastara.ID, Depok – Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Depok mengimbau warga untuk secara sukarela mendonorkan darahnya. Terlebih, saat ini hampir seluruh jenis golongan darah, stoknya sudah menipis di tempat penyimpanan.

Kepala Unit Donor Darah (UDD) PMI Kota Depok Widya Astriyani mengatakan, per 07 April pukul 21.29 WIB, stok darah golongan darah tersisa A tiga labu, B 51 labu, AB empat labu dan O 25 labu. Jumlah ini terus menurun seiring meningkatnya permintaan

“Kami mengimbau warga supaya bisa mendonorkan darahnya, khususnya untuk golongan A yang hanya tinggal tiga labu tersimpan. Karena di kami sudah menipis dan banyak permintaan dari rumah sakit,” ujarnya di ruang kerjanya, seperti dimuat di situs resmi Pemkot Depok (8/4).

Diakuinya, permintaan darah tidak hanya dari Kota Depok, tetapi juga dari luar daerah, seperti Jakarta, Bogor, dan sebagainya. Widya menyebut, pihaknya tidak bisa menolak permintaan tersebut atas dasar kemanusiaan.

“Siapa pun yang meminta, tidak bisa kita tolak. Sekarang yang terpenting kebutuhan stok darah,” katanya.

Dirinya menjelaskan, untuk masyarakat yang ingin mendonorkan darah, bisa mendatangi Markas PMI Kota Depok, di Jalan Boulevard Raya, Grand Depok City (GDC). Jam operasionalnya masih sama dengan hari biasa yaitu pukul 08.00-20.30 WIB.

“Besar harapan kami, masyarakat mau datang langsung dan secara sukarela mendonorkan darahnya,” tutupnya. (dha)