Bumbu Rendang

Kastara.ID, Jakarta – Ada kisah menarik di sela kunjungan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ke sejumlah pasar kemarin (8/6).

Anies Baswedan dikabarkan menolak pemberian bumbu rendang gratis dari pedagang Pasar Tomang Barat, Tanjung Duren, Grogol Petamburan, Jakarta Barat. Anies mengaku takut ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) jika menerima pemberian tersebut.

Peristiwa tersebut terjadi saat Anies mengunjungi pasar yang dikenal dengan sebutan Pasar Kopro itu. Anies mengunjungi pasar bumbu itu dalam rangka inspeksi jelang Idul Fitri 1442 Hijriah atau 2021. Anies menanyakan pasokan dan harga bumbu kepada para pedagang di lantai dua Pasar Kopro.

Saat itulah seorang pedagang wanita memberikan dua bungkus bumbu rendang siap masak. Bumbu yang sudah dikemas dalam plastik itu biasanya dijual seharga Rp 10.000 per bungkus. Anies pun berniat membayar bumbu rendang tersebut. Namun, pedagang menolaknya, pedagang bumbu itu berniat memberikan bumbu rendang secara gratis.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) menolak tawaran bumbu rendang gratis itu. Anies berdalih takut ditangkap dan diperiksa KPK jika tidak membayar bumbu rendang tersebut. Anies pun mengeluarkan uang Rp 20.000 dari dompetnya dan memberikannya kepada wanita penjual bumbu.

Dalam kesempatan itu, Anies mengingatkan para pedagang agar tidak lagi menggunakan kantong plastik. Pasalnya penggunaan kantong plastik tidak sesuai dengan Pergub Nomor 142 Tahun 2019 tentang Kewajiban Penggunaan Kantong Belanja Ramah Lingkungan pada Pusat Perbelanjaan, Toko Swalayan, dan Pasar Rakyat.

Anies pun mencontohkan dengan mengganti bungkus bumbu rendang itu dengan kantong kertas, seraya mengingatkan agar lain kali tidak memakai kantong plastik sekali pakai.

Sementara saat mengunjungi lantai satu Pasar Kopro, Anies juga mendapat ucapan selamat ulang tahun dari para pedagang ikan. Saat itu mantan Rektor Universitas Paramadina itu berniat menanyakan seputar harga ikan. Bukannya menjawab pasokan harga ikan, pedagang itu malah mengucapkan selamat ulang tahun kepada Anies.

Seperti diketahui, pada 7 Mei 2021 lalu Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berulang tahun yang ke 52. Selamat Pak Gubernur! (hop)