Kastara.ID, Jakarta — WIZ.AI, perusahaan asal Singapura yang menjadi pemimpin solusi interaksi pelanggan omnichannel dengan dukungan AI, hari ini meluncurkan Large Language Model (LLM) perdana yang dapat dirancang khusus menurut pasar vertikal. Solusi ini menjadi inovasi terkini dalam perkembangan WIZ.AI sebagai perusahaan AI sejak berdiri pada 2019. Solusi WIZ.AI mengotomatisasi ratusan juta interaksi pelanggan setiap hari, serta melayani lebih dari 200 perusahaan di berbagai jenis industri, seperti perbankan dan keuangan, asuransi, FMCG, e-commerce, telekomunikasi, dan layanan kesehatan di lebih dari 15 negara.

Dengan melansir LLM untuk domain spesifik, WIZ.AI mengubah peran AI hingga lebih dari sekadar perangkat efisiensi dan efisiensi biaya, serta memosisikannya sebagai penasihat bisnis yang mengatasi kesenjangan antara manusia dan teknologi. Ketika memakai LLM yang dirancang khusus dan berfokus pada bisnis, berbagai perusahaan dapat memperoleh alur kerja baru yang saling terkoneksi dan didukung AI. Hal ini menjanjikan dunia kerja masa depan yang melibatkan peran AI, sedangkan manusia bertindak sebagai kopilot. Dengan LLM yang dirancang khusus, pelaku usaha sepenuhnya dapat beralih menggunakan AI, memanfaatkannya untuk merombak kegiatan operasional, serta membuat standar baru di industri.

LLM dari WIZ.AI, berbeda dari model LLM yang bersifat umum, didesain menurut pasar vertikal tertentu. LLCM yang dirancang khusus ini memiliki keunggulan dalam dialog otomatis, tugas, bantuan pintar (intelligent assistance), serta menyediakan analisis atas data eksklusif. LLM mengubah data mentah di industri tertentu menjadi informasi bermanfaat. Dengan demikian, AI dapat bekerja efektif bersama manusia. Lalu, bot dapat mengenali tugas penting berdasarkan fungsi pekerjaan, menyediakan bantuan profesional, serta mengotomatisasi proses bisnis tertentu.

LLM untuk domain tertentu dari WIZ.AI sangat bermanfaat bagi kalangan perusahaan, tidak seperti LLM yang bersifat umum, antara lain:

1. Reliabilitas: LLM WIZ.AI menawarkan LLM profesional dan akurat untuk perusahaan tertentu, cepat memperbarui informasi yang sering diajukan, serta informasi khusus atau berbasiskan merek demi akurasi dan ketepatan waktu.

2. Berfokus pada domain: Data yang terdapat pada LLM dirancang khusus menurut industri atau bisnis tertentu. Berkat LLM yang dirancang khusus, pelaku usaha menerapkan solusi AI dengan cepat dalam berbagai jenis skenario, mulai dari orientasi untuk pegawai internal hingga menanggapi permintaan pelanggan.

3. Keamanan Data: LLM unik yang dirancang internal oleh WIZ.AI bersifat eksklusif untuk setiap pelanggan sekaligus melindungi kerahasiaan dan keamanan data secara lebih baik. Pendekatan ini juga menjaga informasi sensitif dan rahasia dagang klien sehingga mencegah kebocoran informasi dan risiko keamanan.

4. Teknologi Pintar dan Fitur Analitis: LLM yang bersifat lokal dan dirancang khusus menyajikan analisis yang lebih terperinci dari data tidak terstruktur, termasuk tes dan suara, sebab LLM ini memahami konteks bisnis Anda secara spesifik. Anda pun semakin memahami kebutuhan pelanggan, dinamika pasar, serta peluang pertumbuhan.

LLM WIZ.AI bermanfaat bagi industri dalam beberapa level selain mengotomatisasi interaksi pelanggan. Misalnya, industri FMCG. Dengan menjalankan pendekatan yang lebih proaktif ketika menjangkau klien, WIZ.AI Talkbots ikut menjual stock-keeping units (SKUs). LLM juga meningkatkan akurasi dalam perbincangan tentang pemesanan produk sekaligus tetap menyerupai manusia. Hal ini secara drastis mengurangi waktu mengunjungi klien untuk menangani pesanan produk.

Proses pengecekan pesanan produk juga didukung oleh LLM WIZ.AI, sebab LLM secara otomatis memeriksa pesanan klien dalam perbincangan, serta memastikan kembali pesanan ini demi akurasi pengiriman produk. Lebih lagi, analisis mendalam dari data perbincangan tidak terstruktur membantu klien FMCG meningkatkan proses pemesanan dan pengadaan produk. Solusi komprehensif ini tak hanya menghindari kosongnya SKU, namun juga menambah gross merchandise value (GMV).

WIZ.AI ingin mendukung transisi perusahaan dari transformasi digital menuju transformasi berteknologi pintar (intelligence transformation), memanfaatkan AI untuk mengotomatisasi tugas kompleks, serta meningkatkan proses pengambilan keputusan. Selain itu, WIZ.AI ingin mengintegrasikan fitur analitis dan data dengan dukungan AI untuk perencanaan strategis dan efisiensi operasional. Dengan menyediakan solusi ini dalam format Model-as-a-Service, WIZ.AI menghadirkan produk AI yang lebih aksesibel bagi perusahaan dari segala skala usaha.

“Masa depan dunia kerja melibatkan peran AI sebagai kopilot yang bekerja sama dengan manusia. Dengan LLM kami yang dirancang khusus, perusahaan dapat sepenuhnya mewujudkan potensi AI, merombak proses kerja, serta memajukan industri. Visi kami adalah menciptakan dunia dengan solusi AI yang dirancang khusus, dan membantu perusahaan mengambil keputusan yang lebih cerdas, mengotomatisasi pekerjaan kompleks, serta menghasilkan analisis yang lebih bermanfaat,” ujar Jennifer Zhang, CEO dan salah satu pendiri WIZ.AI.

Masa depan tersebut segera hadir, dan benar-benar mengubah Asia Tenggara—transformasi yang penuh terobosan dan didukung kecerdasan buatan. (rfr)