Reformasi

Kastara.id, Jakarta – Ketua MPR RI Zulkifli Hasan menyampaikan Indonesia bisa menjadi bangsa yang maju asal sudah memenuhi tiga syarat. ”Ada tiga syarat untuk menjadi bangsa yang maju,” kata Zulkifli Hasan dalam Pidato Kebangsaan di hadapan ratusan mahasiswa Universitas Islam Al Azhar, Kamis (8/6).

Syarat petama adalah adanya saling percaya diantara kelompok masyarakat. Untuk wujudkan rasa saling percaya, Zulkifli Hasan menekankan pentingnya keadilan berlaku untuk semua tanpa kecuali. “Hukum harus memenuhi rasa keadilan masyarakat agar tak ada saling curiga. Bagaimana pun ketidakadilan itu bisa dirasakan,” ujarnya.

Syarat kedua menjadi bangsa maju adalah menguasai Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. “Di manapun kalau sebuah negara menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi maka ia akan maju,” katanya.

Faktor ketiga, disebut Zulkifli Hasan dengan nilai-nilai. Nilai-nilai yang ada di Indonesia menurut Zulkifli Hasan adalah Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika. Rasa salong percaya itu, menurut Zulkifli Hasan yang juga Ketua Umum Partai anat Nasional (PAN) menjadi syarat penting untuk menjadi negara maju.

”Agar energi kita gunakan untuk fokus membangun dan bekerja mewujudkan kesejahteraan,” ujarnya.

Menurut Zulkifli Hasan, mengingatkan kembali bahwa bangsa ini merdeka bertujuan untuk bersatu, berdaulat, dan adil bagi semua. “Kita bersatu dalam keragaman. Sejak dulu dan sampai sekarang keragaman adalah sumber kekuatan nasional,” katanya. (arya)