Sigit Widjatmoko

Kastara.ID, Jakarta – Setelah memfasilitasi mudik gratis, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Perhubungan (Dishub) memberikan layanan transportasi gratis bagi pemudik untuk kembali ke Jakarta.

Pada arus balik Lebaran 1440 Hijriah dengan pemberangkatan dari 10 kota maupun kabupaten di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur pada Sabtu (8/6) tercacat sebanyak 9.657 orang yang difasilitasi kembali ke Ibukota menggunakan 222 bus.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Sigit Widjatmoko mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan PT Transjakarta untuk memberikan layanan lanjutan berupa shuttle bus gratis.

Shuttle bus gratis melayani tujuan dari Terminal Terpadu Pulogebang ke sejumlah terminal lain seperti, Terminal Kampung Rambutan, Lebak Bulus, Kampung Melayu, dan Terminal Rawamangun. Mereka cukup menunjukkan tiket menjadi peserta arus balik gratis,” ujarnya, Ahad (9/6).

Sigit menjelaskan, selain angkutan penumpang, Dishub juga memberikan layanan pengangkutan sepeda motor menggunakan 26 truk saat arus balik.

“Untuk arus mudik kita mengerahkan 36 truk menuju 10 daerah tujuan. Sementara, untuk jumlah bus saat arus mudik mencapai 372 armada,” tandasnya. (hop)