Opor Ayam

Kastara.ID, Jakarta – Masyarakat Indonesia tentu sudah tidak asing lagi dengan opor. Menu makanan ini tak pernah absen hadir di berbagai hari besar, terutama Idul Fitri. Bersama sambal goreng ati, opor selalu setia menemani ketupat menjadi menu wajib saat Lebaran.

Meski selalu hadir di berbagai acara nasional, ternyata opor tidak sepenuhnya berasal dari Nusantara.

Lalu dari mana menu masakan opor berasal?

Sejarawan kuliner Fadly Rahman mengatakan, opor adalah akulturasi budaya dari beberapa negara. Fadly menyebut ada pengaruh budaya Arab dan India pada masakan bersantan itu. India memiliki masakan kari dan Arab mempunyai masakan gulai.

Ahli masakan Indonesia dengan segala kreativitasnya melakukan modifikasi atau akulturasi budaya India dan Arab. Fadly menyebut hasil proses kreatif itulah yang melahirkan menu masakan opor.

Fadly menambahkan, budaya memasak kari dan gulai masuk ke Indonesia bersamaan dengan masukknya Islam di bumi Nusantara. Saat itu Islam pertama kali diperkenalkan oleh pedagang Arab dan India di kawasan pesisir Sumatera, Selat Malaka, hingga Jawa.

Fadly menjelaskan, jika perhatikan pola-pola budaya kuliner di tiga kawasan tersebut banyak dipengaruhi budaya Arab dan India. Namun lantaran sudah sekian lama berakar di sana, budaya kuliner tersebut kini sudah menjelma menjadi identitas kuliner masyarakat lokal.

Salah satu identitas kuliner lokal tersebut tak lain adalah opor. Bagaimana dengan rasa opor Anda? (mar)