Kastara.ID, Jakarta – PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) akan memfasilitasi layanan transportasi gratis di kawasan Universitas Indonesia (UI), Depok.

Direktur Utama Transjakarta Agung Wicaksono mengatakan, penyediaan angkutan publik di areal seluas 312 hektare itu, tertuang dalam penandatanganan nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MOU) antara PT Transjakarta dengan UI, Selasa (7/9).

“Mulai Agustus mendatang, kawasan UI akan dilayani angkutan publik, Transjakarta,” ujar Agung.

Nantinya, kata Agung, layanan bus Transjakarta rute Lebak Bulus-UI dan Manggarai-UI akan diperpanjang trayeknya hingga ke dalam kompleks kampus UI Depok.

“Layanan Transjakarta di area UI gratis,” kata Agung.

Operasional Transjakarta, tambah Agung, akan dievaluasi terus menerus untuk mendapatkan hasil terbaik dari implementasi penyediaan moda transportasi publik di Kawasan UI. Setelah itu, akan dirumuskan dan disusun mekanisme operasional dalam memberikan pelayanan yang optimal.

Ia mengungkapkan, rencana menambah rute-rute Transjakarta melayani UI, antara lain Kampung Rambutan-UI via Lenteng Agung, Kampung Rambutan-UI via Bogor, dan Margonda-UI. Permintaan itu sudah disampaikan kepada Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta untuk disetujui.

“Harapannya dengan layanan baru semakin membantu dan memudahkan setiap orang. Dan tentunya menambah jumlah pelanggan Transjakarta,” tandasnya. (hop)