Kastara.id, Rio de Janeiro – Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi berkunjung ke perkampungan atlet Olimpiade 2016 di Rio Centro, Barra da Tujca, Rio de Janeiro, Brazil, Minggu (7/8) waktu setempat. Menpora menemui atlet-atlet Indonesia serta tinjauan persiapan tuan rumah Asian Games 2018.

“Para pejuang olahraga kita di sini harus banyak bercerita apa yang mereka rasakan dan lihat selama mengikuti perhelatan besar di luar negeri. Pengalaman atlet kita akan menjadi masukan karena Indonesia akan menjadi tuan rumah Asian Games 2018,” kata Menpora Imam Nahrawi di Rio de Janeiro melalui siaran persnya (8/8).

Menpora bertemu atlet-atlet Merah-Putih cabang olahraga renang, atletik, dan angkat besi yang mengikuti pesta olahraga terbesar di dunia itu. Menpora juga menyambut tim bulu tangkis Indonesia yang tiba di perkampungan atlet Olimpiade setelah menjalani program karantina di Sao Paulo.

Tim Indonesia, menurut Menpora, dapat memanfaatkan momentum Olimpiade Rio 2016 untuk memahami karakter peserta dan memberikan kesan baik sebagai tuan rumah Asian Games 2018.

“Indonesia juga harus berusaha menjadi tuan rumah Olimpiade. Tuan rumah sebuah perhelatan akbar itu harus detail,” ujar Menpora.

Di perkampungan atlet Olimpiade Rio 2016, Menpora berharap atlet-atlet bulu tangkis Tanah Air dapat tampil rileks meskipun berjuang untuk memberikan prestasi terbaik bagi bangsa.

“Bulu tangkis merupakan salah satu cabang tumpuan Indonesia untuk meraih medali emas pada Olimpiade ini. Tapi atlet tidak perlu terbebani, tampil rileks, dan menikmati permainan,” kata Menpora.

Harapan Indonesia terhadap cabang bulu tangkis itu dilatarbelakangi hasil Olimpiade 2012 di London, Inggris, ketika tim bulu tangkis Indonesia gagal membawa pulang medali.

Tim bulu tangkis Indonesia masuk perkampungan atlet di Rio de Janeiro, Brazil, setelah menajalani program karantina selama sepekan di Sao Paulo, Brazil, jelang pertandingan Olimpiade pada 11-20 Agustus.

Empat pasangan atlet bulu tangkis Indonesia akan mulai pertandingan babak penyisihan Olimpiade Rio 2016 pada Kamis (11/8). Mereka adalah pasangan putra Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan, ganda putri Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari, ganda campuran Praveen Jordan/Debby Susanto, dan pasangan ganda campuran andalan Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir. (sit)