Perempuan Indonesia

Kastara.id, Jakarta – Ketua MPR RI Zulkifli Hasan mengajak kaum perempuan untuk ikut mensosialisasikan nilai-nilai luhur Pancasila kepada generasi muda. Menurutnya, kaum perempuan adalah garda terdepan dalam membentuk karakter bangsa.

“Perempuan adalah Ibu Bangsa. Di tangan merekalah generasi muda dibentuk agar menjadi generasi bangsa yang berkarakter, sehat, dan cerdas,” kata Zulkifli Hasan dalam Mukernas Kongres Wanita Indonesia (Kowani), di gedung Lemhanas, Jakarta, Rabu (9/8).

Zulkifli Hasan mengakui peran perempuan sangat strategis dalam membentuk karakter bangsa serta persatuan dan kesatuan nasional. Kongres Wanita Indonesia (Kowani) menjadi bagian dari pembentukan perempuan-perempuan perekat negara bangsa ini.

“Kaum perempuanlah yang mampu menjahit (bendera) merah putih yang robek. Kowani sebagai wadah perempuan pejuang menjadi tumpuan harapan perekat bangsa di tengah carut marut kondisi kekinian bangsa Indonesia,” ujarnya.

Peran perempuan yang strategis itu, katanya, mampu menjadi katalisator kondisi kekinian negeri ini. Mulai pembinaan internal rumah tangga, lingkungan sosial, hingga berkiprah menanggulangi perilaku menyimpang bagi generasi muda.

Seperti dilibatkan dalam membantu tugas-tugas Badan Narkotika Nasional (BNN), Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT), hingga Pelayanan Pos Terpadu (Posyandu) bidang kesehatan ibu dan anak.

Pada bagian lain, Zulkifli mengingatkan kepada masyarakat yang daerahnya sedang menghadapi Pilkada Serentak tahun 2018. Dia meminta dapat memahami benar bahwa kekuasaan ada di tangan rakyat.

“Rakyat yang sadar harus memahami bahwa rakyatlah yang berdaulat dan berkuasa. Sehingga jangan hutang budi karena dikasih uang. Jangan hutang budi karena dapat sembako. Jangan hutang budi kerena dikasih transport lalu pilih kepala daerah yang telah memberi uang,” kata Zulkifli. (arya)