Telekomunikasi

Kastara.id, Mataram – Upaya pemulihan jaringan telekomunikasi di Pulau Lombok saat ini terus dilakukan. Berdasarkan pantauan Tim Balai Monitoring Frekuensi Kelas II Mataram, pada hari Kamis (9/8) siang ini, base station yang masih belum bisa digunakan sebanyak 267 site 2G, 3G, dan 4G.  

Sejak Senin (5/8) hingga Kamis (9/8) siang hari ini sejumlah 678 base station telah pulih kembali dari total 945 base station yang terdampak oleh gempa bumi. Base station yang masih belum bisa digunakan dominan berada di Kabupaten Lombok Utara antara lain di Kayangan, Karang Baio, Lollan dan Sambik Elen. Kendala yang dihadapi operator telekomunikasi karena pasokan listrik. 

Sementara bahan bakar minyak untuk genset dan bateri cadangan untuk beberapa site belum bisa diganti karena kendala akses jalan rusak akibat gempa. 

Ada sebagian kecil base station di Gili Meno, Gili Trawangan dan Tanjung  Kab. Lombok Barat yang tidak bisa digunakan akibat kendala pasokan listrik. 

Untuk base station yang belum bisa dipulihkan karena kendala akses jalan, operator telekomunikasi tengah memobilisasi genset ke site prioritas mendukung aktivitas posko penanganan bencana dan melakukan redirect coverage sembari menunggu recovery listrik dari PLN. (lan)