Sungai Ciliwung

Kastara.ID, Jakarta – “Kegiatan kerja bakti kebersihan kantor dan pembersihan Sungai Ciliwung di area Kemlu adalah perwujudan kepedulian kepada lingkungan. Hal ini menunjukkan bahwa Kemenlu tidak hanya mengerjakan hal yang ‘mengawang–awang’ tetapi juga nyata dan membumi,” tutur Wakil Menteri Luar Negeri AM Fachir pagi ini di Kerja Bakti Kebersihan Kantor dan Bantaran Sungai  yang diselenggarakan Kementerian Luar Negeri RI dalam rangka HUT Kemlu dan HUT RI ke-74 (9/8).

Wamenlu Fachir juga menyampaikan bahwa pegawai Kemlu tidak hanya memakai jas dan melakukan sidang di luar negeri, tetapi memakai sarung tangan dan membersihkan sungai dari sampah.

Wamenlu khusus menyebutkan peran para Pahlawan Kebersihan Sungai dan menyampaikan rasa terima kasih atas jasa pasukan oranye dari Pemprov DKI Jakarta.

Tak lupa, Wamenlu juga mendorong seluruh pegawai Kemenlu untuk berkomitmen tidak membuang sampah sembarangan. Selesai memberikan sambutan, Wamenlu yang berseragam lengkap dan mengenakan sepatu bot karet terjun langsung dalam acara kerja bakti, menyusuri sungai dengan perahu karet.

Kerja bakti ini merupakan yang pertama kali dilakukan oleh suatu Kementerian bekerja sama dengan UPK Badan Air-Pemda DKI.

Kegiatan ini merupakan titik awal bagi Kemenlu dan UPK Badan Air untuk selanjutnya dapat terus bekerja sama di masa mendatang dalam menjaga kebersihan bantaran Sungai Ciliwung yang mengalir di sekitar kantor Kemenlu, sehingga terwujud aliran sungai yang bersih, indah dan mendukung konsep “river view” di halaman belakang kantor Kemenlu.

Tidak hanya itu, di masa yang akan datang tidak mustahil bahwa kerja bakti juga akan dilakukan di luar area Kemlu, atau bahkan menular ke Kementerian dan Lembaga di sekitar Lapangan Banten dengan bantuan rekan media. (put)