MotoGP Portugal 2020(motogp.com)

Kastara.ID, Silverstone — MotoGP musim 2022 baru berjalan setengah kompetisi, tapi kejuaraan tahun 2023 mendatang sudah mulai dibicarakan.

Berbagai persiapan tengah disusun untuk menyambut musim baru nantinya. Seperti seri pembuka tahun depan sudah ditetapkan jatuh kepada Portimao, Portugal.

Keputusan ini menyusul renovasi besar-besaran sirkuit Lusail di Qatar yang biasa menggelar seri pembuka.

Selain itu, jadwal tes Pra-musim untuk 2023 sudah disusun dan hanya ada dua negara penyelenggara, yakni Malaysia dan Portugal.

Total akan ada delapan hari tes, yang baru untuk tes Shakedown selama tiga hari, tes Pra-musim di Sepang tiga hari, dan tes Pra-musim di Portimao tiga hari.

Jadwal Tes Pra-musim MotoGP 2023:
1. Tes Shakedown: 5-7 Februari
2. Tes Pra-musim Sepang: 10-12 Februari
3. Tes Pra-musim Portimao: 11 dan 12 Maret

Speedweek.com melaporkan, seperti biasa tes pramusim pertama MotoGP 2023 akan berlangsung di Sirkuit Sepang di Malaysia.

Pembalap penguji masing-masing pabrikan dan para pembalap rookie akan menjalani tes Shakedown, kita akan melihat mereka di trek untuk pertama kalinya dari 5 hingga 7 Februari.

Kemudian pembalap resmi baru bergabung seminggu kemudian dan akan mulai mecoba motor baru mereka dari 10 hingga 12 Februari.

Sebulan kemudian, tes Pra-musim terakhir dijadwalkan untuk Portimao.

Pada 11 dan 12 Maret, para pembalap kelas utama sekali lagi mencoba motor mereka di Sirkuit Portugal, sebelum balapan pembuka yang akan berlangsung di tempat yang sama.

Sementara sirkuit Mandalika, Indonesia yang tahun 2022 menggelar tes Pra-musim setelah Malaysia, tahun depan tak masuk kalender tes. (tra)