Aparatur Pengawas Internal Pemerintah

Kastara.id, Jakarta – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menginstruksikan seluruh kepala daerah untuk mengkoordinasikan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), mulai dari camat sampai kepala dinas.

“Saya minta kepada gubernur, walikota dan bupati setiap tiga bulan sekali untuk memanggil SKPD mulai camat sampai kepala dinas, tanya apa program yang tengah dijalankan, apa hambatannya, dan mana yang berhasil. Ini penting, agar program bisa terus berjalan,” kata Mendagri, Sabtu (9/9).

Menurut Mendagri, jika tidak bisa menjalankan program, kepala daerah diminta untuk berani mengganti SKPD. “Tugas staf itu membantu gubernur, jangan kemudian staf itu bersaing dengan gubernur. Bisa rusak jalannya pemerintahan tersebut,” ujarnya.

Mendagri mengimbau kepala daerah untuk terus membangun harmonisasi dengan wakil dan pejabat lainnya.

“Jangan sampai ada disharmonisasi antara gubernur, walikota, dan bupati dengan para wakilnya. Tugas wakil adalah mewakili kepala darah, jangan kemudian meminta tugas urusan ini dan itu. Tentu ini akan menimbulkan ketidakharomonisan,” katanya.

Mendagri menambahkan, banyak kepala daerah dan wakilnya tidak sejalan dalam menjalankan roda pemerintahan.

“Komunikasi yang baik harus terus dilakukan, sehingga keharmonisan bisa terjalin agar tercapainya pembangunan daerah yang positif demi kemakmuran rakyat,” ujarnya. (npm)