Kong Guan

Kastara.ID, Jakarta – Pabrik PT Khong Guan Biscuit di Ciracas, Jakarta Timur, terpaksa ditutup sementara. Hal ini akibat dua orang karyawan bagian pengemasan positif terinfeksi virus corona atau Covid-19. Penutupan sementara dilakukan selama 14 hari sejak Selasa 8 September 2020.

Dilansir dari Antara (7/9), HRD Bidang Kepegawaian PT Khong Guan Biscuit Factory Indonesia, Yovie mengatakan, penutupan sementara dilakukan untuk kepentingan sterilisasi. Yovie menerangkan penutupan dilakukan oleh petugas Suku Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi Jakarta Timur. Sedangkan 60 karyawan bagian pengemasan terpaksa diliburkan.

Sementara Camat Ciracas Mamad membenarkan informasi terkait karyawan PT Khong Guan Biscuit Factory yang tertular virus corona. Itulah sebabnya pihak Kecamatan Ciracas langsung berkoordinasi dengan pihak terkait. Mamad juga telah melaporkan kejadian ini kepada Wali Kota Jakarta Timur M. Anwar.

Sebelumnya sebanyak 28 dari total 170 pegawai Khong Guan dilaporkan reaktif Covid-19. Hal ini berdasarkan hasil tes cepat yang dilaksanakan pada 28 Agustus 2020. Selanjutnya pada Senin 7 September 2020, Puskesmas Pasar Rebo melaporkan dua karyawan Khong Guan terkonfirmasi positif Covid-19 berdasarkan hasil tes swap.

Saat memberikan keterangan (7/9), Mamad menjelaskan, di lokasi pabrik Khong Guan memang ditemukan sejumlah pelanggaran protokol kesehatan. Di antaranya adalah karyawan tidak menjaga jarak dan tidak menggunakan pelindung wajah atau face shield. Padahal di kursi tamu sudah diberi tanda silang untuk menjaga jarak.

Hasil temuan tersebut segera ditindaklanjuti dengan melakukam monitoring dan evaluasi. Hasilnya lokasi pabrik terpaksa harus ditutup sementara guna dilakukan sterilisasi dan penyemprotan disinfektan. (hop)