Asim Umar

Kastara.ID, Jakarta – Pemimpin Al-Qaeda Asia Tenggara Asim Umar dilaporkan tewas dalam gempuran gabungan di selatan Afghanistan.

Berdasarkan keterangan dari sejumlah pejabat Afghanistan mengatakan bahwa Umar tewas dalam satu operasi gabungan pada 23 September lalu di markas Taliban di Musa Qala, Provinsi Helmand.

Direktorat Keamanan Nasional Afghanistan mengonfirmasi kematian Umar tersebut dan tewas bersama enam anggota Al-Qaeda lainnya, kebanyakan berkebangsaan Pakistan (8/10).

Direktorat tersebut menerangkan bahwa Umar merupakan warga negara Pakistan, namun sejumlah laporan mengklaim bahwa pria tersebut lahir di India.

Aksi gempuran rangkaian operasi pada 22-23 September 2019 yang didukung pasukan udara Amerika Serikat, tidak hanya menewaskan militan, namun 40 warga sipil juga ikut menjadi korban dan sedang diselidiki oleh pihak berwenang.

Al-Qaeda terus berulah di tengah perundingan antara Amerika Serikat (AS) dan kelompok Taliban, juga pemerintah Afghanistan. Dalam berkas rancangan pernjanjian, AS berjanji bakal menarik pasukan dari Afghanistan jika Taliban memutus hubungan dengan Al-Qaeda. (nad)