Jakarta Robotic Competition (JRC)

Kastara.ID, Jakarta – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama Dunia Robot Indonesia (DRI) dan para pemangku kepentingan lainnya berkolaborasi menyelenggarakan Jakarta Robotic Competition (JRC) Tahun 2021. JRC 2021 merupakan ajang kompetisi pertama yang diselenggarakan oleh Pemprov DKI Jakarta bersama DRI yang digelar pada 4-5 Oktober 2021 di Gedung Sangkrini Taman Mini Indonesia Indah (TMII), dengan 4 kategori kompetisi, yaitu AEV, Sumo IoT, Maze Solving, dan Rancang Bangun.

Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta Ahmad Riza Patria berkesempatan menyerahkan hadiah secara simbolis sebagai tanda apresiasi kepada para pemenang JRC 2021 pada acara penyerahan hadiah di Ruang Pola Bappeda Provinsi DKI Jakarta.

Wagub Ariza mengatakan, kompetisi itu penting dalam rangka menghadapi tantangan-tantangan digitalisasi, industri 4.0, termasuk pemulihan kesehatan pascapandemi COVID-19.

“Saya bangga terhadap event bergengsi JRC 2021 ini, terkumpul kreasi dan kreativitas serta imajinasi anak-anak muda para pelajar sebagai tunas-tunas muda harapan bangsa, telah melewati tahapan kompetisi dengan baik. Melihat hasil yang diperlihatkan para peserta, saya percaya para siswa/siswi, selain mampu menciptakan robot-robot yang memiliki manfaat besar bagi manusia, termasuk pihak sekolah tempat anak-anak muda ini belajar menimba ilmu, semuanya dalam kondisi siap menghadapi tantangan digitalisasi, industri 4.0, dan pemulihan kesehatan pascapandemi COVID-19,” ungkap Wagub Ariza saat menyampaikan sambutan, dikutip dari Siaran Pers PPID Provinsi DKI Jakarta (8/10).

Ia berharap, robot-robot hasil karya para peserta, khususnya para pemenang JRC 2021 dapat diikutsertakan pada lomba robotik tingkat nasional dan internasional. Ia pun berharap, ke depan, kurikulum teknologi dan informasi, khususnya rekayasa teknologi robotik di sekolah-sekolah dapat semakin ditingkatkan sejalan dengan perkembangan teknologi yang terus berkembang dinamis.

“Keberhasilan tim robot peserta kompetisi ini adalah kebanggaan berbagai pihak, seperti para pelajar, pihak sekolah, (dan) DRI. Atas nama Pemprov DKI Jakarta, saya mengucapkan selamat dan apresiasi kepada DRI, atas suksesnya penyelenggaraan JRC 2021 ini, dan selamat kepada para peserta yang berhasil menjadi pemenang,” ucap Wagub Ariza.

“Apresiasi (juga) kepada pihak sekolah yang tidak pernah berhenti, memotivasi anak-anak muda untuk mengenal dan menggemari pendidikan robotik di Indonesia sebagai pendidikan teknologi elektronik dan digital,” tambah Wagub Ariza.

Untuk tambahan informasi, JRC 2021 diadakan dalam dua klasifikasi, yakni junior dan senior. Junior adalah usia 7-12 tahun, sedangkan senior 13-18 tahun. Pembukaan pendaftaran diumumkan pada 25 Agustus 2021.

DRI diinisiasi untuk menghimpun kreativitas orang-orang yang terlibat dalam dunia teknologi termasuk robotik. Wadah ini mendidik agar mereka bergabung, tidak hanya memiliki kemampuan, tetapi dibantu berkembang, sehingga memiliki sikap yang maju.

Turut hadir dalam kegiatan pemberian hadiah kepada para pemenang JRC 2021, Ketua Dunia Robot Indonesia, Anta Wijaya; Sekretaris Dunia Robot Indonesia, M. Wildan; Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi DKI Jakarta; Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta; Plt. Kepala Dinas Parekraf Provinsi DKI Jakarta; serta sejumlah pejabat Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. (hop)