Metro

Sejumlah Rumah Warga Korban Tertimpa Tower Terima Ganti Rugi

Kastara.ID, Depok – Salah seorang warga Gang Sosial III RT 09/RW 21, Kelurahan Baktijaya, Kecamatan Sukmajaya, mengapresiasi sikap responsif pihak provider, pasca robohnya tower seluler yang merusak rumahnya Gianto (45). Seperti diketahui, pada Rabu, 6 November, sekitar pukul 17.30 WIB, sebuah tower seluler (McP) setinggi 33 meter roboh mengenai rumah warga.

Pasca kejadian, pihak provider langsung mengevakuasi warga yang rumahnya rusak akibat tertimpa tower ke Hotel Bumi Wiyata, Jalan Raya Margonda. Sempat terjadi miskomunikasi karena Gianto bersama keluarga tidak mendapat makan malam pada awal menginap di hotel.

“Sebetulnya itu musibah ya, tapi tanggapan dari provider menurut saya udah sangat-sangat luar biasa bertanggung jawab. Di awal-awal kita nginep di hotel memang tidak dapat makan malam, sebenarnya itu cuman miskomunikasi, pihak provider sudah bermaksud bagus menurut saya,” tutur Giarto, saat menerima uang kontrakan dari provider, Sabtu (9/11).

Pasca evakuasi besi tower, PIC Provider Iqbal kemudian menawarkan kepada warga korban untuk memilih akan menginap sementara di mana, selama proses renovasi nanti. Karena tidak ingin tinggal jauh dari rumahnya, mereka rata-rata memilih di sewakan kontrakan di sekitar lokasi.

“Kami diberi kebebasan mau milih tinggal di mana sebenarnya, tapi kami semua sepakat untuk ngontrak dekat rumah. Agar dapat melakukan pengawasan langsung renovasi rumah dari dekat,” paparnya.

“Kami ucapkan terima kasih kepada manajemen provider yang telah bertanggung jawab seratus persen. Ini tidak saya lebih-lebihkan, tapi memang apa yang saya dan keluarga rasakan semuanya memuaskan dan transparan dari pihak manajemen,” ujar Bahrim.

Suherman warga korban dari RT 08 lainnya juga mengaku puas dengan ganti-rugi seratus persen dari provider terhadap kerusakan properti mereka. Provider menerjunkan tim appraisal untuk menghitung biaya kerusakan yang dialami yang disaksikan oleh Ketua RW, warga korban, dan pihak provider.

“Kita sudah mengadakan MoU, itu kemarin rumah kita sudah disurvey kerusakannya apa aja. Semuanya ter-cover tidak ada satu pun yang tertinggal contoh tempat tidur, tv, bangunan rumah yang rusak termasuk kontrakan tempat tinggal kita sementara,” kata Suherman.

“Mulai dari rumah di tanggung penuh oleh pihak provider. Kita yang buat RAB dibayar oleh provider lalu kita renovasi sendiri agar sesuai dengan keinginan kami hasilnya. Saya pribadi sudah merasa cukup puas dengan itu,” katanya.

Iqbal bersama manajemen provider hari ini menyerahkan dana untuk biaya kontrakan warga korban di rumah Suherman. Lamanya kontrak bervariasi bergantung dari parahnya kerusakan yang dialami, ada yang 1 bulan ada juga yang kontrak 2 bulan.

“Contohnya pak Suherman, rumah dia kan rusaknya cukup parah, makanya dia kita beri dana kontrakan untuk 2 bulan. Sedangkan warga lainnya 1 bulan. Mewakili manajemen Iqbal menyampaikan permohonan maaf atas musibah ini sekaligus mengucapkan terima kasih atas kerja sama dan pengertian warga Gang Sosial III,” ungkap Iqbal. (*)

Leave a Comment

Recent Posts

SIT Darul Abidin Anak Didiknya Menciptakan Permainan Sehingga Otaknya Lebih Sehat

Kastara.Id,Depok - Wakil Walikota Depok Imam Budi Hartono memberikan Sambutan dalam Kegiatan Scratch Day Celebration…

KPU Depok Pastikan Tidak Diikuti Oleh Calon Perseorangan Dalam Pilkada 2024

Kastara.Id,Depok - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok, Jawa Barat Wili Sumarlin memastikan pemilihan…

55 Anggota PPK Depok di Lantik Dan Langsung Berkerja Untuk Pilkada Serentak 2024

Kastara.Id,Depok - Kali ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok, Jawa Barat secara  resmi melantik…

Pencabutan dan Pembatalan Surat Pernyataan Sikap

Kastara.Id,Depok - Berdasarkan  Nomor  015/BSS/PS/V-2024 TANGGAL 14 MEI 2024.  Seluruh jajaran pengurus Perkumpulan Barisan Supian…

Selamat Ginting: Jurnalisme Investigasi Berkontribusi Terhadap Pemerintahan Demokrati

Kastara.Id,Jakarta - Pengamat politik Universitas Nasional (Unas) Selamat Ginting menegaskan, jurnalisme investigasi keberadaannya sangat penting…

Selamat Ginting : Demokrasi Asli Indonesia Sumbernya Semangat Kolektivisme

Kastara.Id,Jakarta - Pengamat politik Universitas Nasional (Unas) Selamat Ginting mengungkapkan, demokrasi asli Indonesia sumbernya adalah…