Pilpres AS 2020(telegraph.co.uk)

Kastara.ID, Jakarta – Sekretaris Jenderal (Sekjen) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas menyambut baik kemenangan Joe Biden di pemilihan umum (Pemilu) Amerika Serikat (AS). Anwar menilai kemenangan tersebut bisa berpengaruh positif bagi kepentingan umat Islam. Menurut Anwar, Biden terlihat sangat menghormati agama.

Saat memberikan komentarnya, Ahad (8/11), Bendahara Umum Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah ini menyebut dari sisi kepentingan umat Islam, kemenangan Biden cukup menggembirakan. Pasalnya sikap Biden terhadap agama dan umat Islam berbeda dibanding Donald Trump.

Biden menurut Anwar tampak lebih cerdas dan rendah hati. Hal itu pula yang menjadi kunci kemenangan Joe Bidden karena dia pandai mengambil hati rakyat dan orang Islam yang ada di sana.

Anwar tidak mengetahui apakah Biden benar-benar akan melaksanakan janji kampanyenya, terutama terkait dengan umat Islam. Namun menurutnya, Amerika Serikat saat ini bisa dikatakan tengah memasuki lembaran baru dalam kehidupan pemerintahannya. Negeri Paman Sam itu akan dipimpin oleh orang yang lembut dan sangat tinggi adab dan etikanya.

Anwar pun mengucapkan selamat kepada Biden yang telah menjadi presiden baru Amerika Serikat. Dunia saat ini sedang menunggu sikap dan tindakan Biden dalam menangani masalah dunia, termasuk dalam dunia Islam.

Anwar juga berharap Joe Biden sebagai presiden baru Amerika Serikat bisa berkontribusi bagi terciptanya keamanan dan ketentraman serta kedamaian dunia. (ant)