Presiden AS Teroilih(Andrew Harnik/The Associated Press)

Kastara.ID, Jakarta – Penanganan virus Covid-19 menjadi langkah pertama yang dilakukan Joe Biden di masa transisi sebelum dirinya resmi memasuki Gedung Putih. Penghitungan elektoral memastikan Joe Biden bersama Kamala Harris memenangkan Pemilihan Presiden Amerika Serikat (AS), walaupun Trump belum menyatakan menerima kekalahannya.

Biden siap mengumumkan satuan tugas penanganan virus Corona hari ini, Senin (9/11).

Biden juga berencana melobi Partai Republik dan Demokrat di Kongres untuk membahas paket bantuan baru. Sedangkan kubu Biden juga tengah mengupayakan agar Trump mendukung rencana tersebut sebelum Biden dilantik pada 20 Januari mendatang.

Biden memberi isyarat kepada warga AS dan sekutu AS bahwa ia berencana melakukan alih kekuasaan secara damai dan lancar.

Biden mengatakan, mandat yang diterimanya yaitu untuk menghentikan pandemi virus Covid-19, membangun kembali ekonomi, dan memerangi perubahan iklim.

Selain itu, membasmi rasisme sistemik, dan memperluas akses ke perawatan kesehatan – serta berupaya memulihkan semangat bipartisan di Washington yang terpecah belah, di mana sebagian besar kubu Republik belum mengakui kemenangannya.

“Pekerjaan kami dimulai dengan mengendalikan Covid,” terang Biden dalam pidato kemenangannya pada Sabtu (7/11) lalu, sebelum meminta Kongres untuk bekerja sama.

“Jika kita dapat memutuskan untuk tidak bekerja sama, maka kita dapat memutuskan untuk bekerja sama. Dan, saya yakin ini adalah bagian dari amanat yang diberikan kepada kita dari rakyat Amerika,” pungkasnya.

Politikus Partai Demokrat Joe Biden telah memenangkan Pilpres AS 2020. Bagi Biden ini merupakan pencapaian tertinggi dalam karier politiknya. Joe Biden merupakan penantang kuat bagi calon petahana Donald Trump dari Partai Republik. Dalam Pilpres AS yang berlangsung pada 3 November 2020, perolehan suara elektoral Biden menembus 270 setelah menang di Pennsylvania dan Nevada.

Dengan demikian, Biden akan tercatat sebagai presiden ke-46 dalam sejarah Amerika Serikat setelah dilantik pada Januari 2021 mendatang. Sebelum maju sebagai kandidat presiden AS, Biden pernah menjabat posisi wakil presiden saat mendampingi Barack Obama selama 8 tahun (2009-2017).

Pria bernama lengkap Joseph Robinette Biden Jr lahir pada 20 November 1942 di Kota Scranton, Pennsylvania. Dia dibesarkan oleh keluarga penganut Katolik Irlandia, dari ayah seorang penjual mobil. (har)