MotoGP Eropa 2020(motogp.com)

Kastara.ID, Valencia – Usai dinyatakan sehat dari COVID-19, pembalap Italia Valentino Rossi akhirnya kembali ke lintasan di akhir pekan MotoGP Eropa 2020 di Sirkuit Valencia, Ahad (8/11) kemarin. Namun kembalinya The Doctor justru memperpanjang gagal finisnya.

Sebelumnya, Rossi telah gagal finis di Jerez, kemudian tiga kali beruntun di Emilia Romagna, Catalunya, dan Le Mans, setelah itu harus absen di dua balapan di Aragon. Kini setelah kembali ke Valencia, Rossi kembali nol poin karena motornya mogok.

Kejadian ini malah membuat Rossi tertawa sendiri, karena masalah yang ia hadapi sangat lucu dan tak terjadi sebelumnya.

“Saat mesin mati hari ini, saya bahkan tidak marah, saya hanya bisa tertawa,” papar Rossi sambil tersenyum melihat kesialannya, seperti dilansir di Speedweek.

“Mesinnya tidak rusak, itu masalah elektronik. Tapi saya harus mundur. Saya diberi tahu bahwa itu adalah masalah yang tidak pernah terjadi dalam dua belas tahun,” jelas Rossi.

Kegagalan ini tentu saja sangat merugikan Rossi, yang belum mencetak tambahan poin untuk papan klasemen dalam enam seri terakhir.

“Memalukan. Saya hanya ingin balapan. Saya melaju dengan sangat tenang, hanya ingin mencapai finis dan melepas lelah beberapa jarak. Saya hanya perlu balapan lagi untuk persiapan minggu depan. Tapi tidak ada hasilnya,” rincinya.

 

Pada balapan di MotoGP Eropa 2020, Yamaha lainnya juga tak ada yang naik podium, berturut-turut di posisi ke-11, 13, dan 14. Rossi sendiri hanya balapan sejauh lima lap dan akhirnya mesin M1-nya tiba-tiba mogok.

“Situasinya tidak mudah. Sepertinya kami tidak memahami sesuatu tentang ban. Sungguh menakjubkan ketika Anda memikirkan fakta bahwa Yamaha menang bersama Morbidelli dua minggu lalu – dan di sini, di Valencia, kami mendapat masalah yang sangat besar dengan grip. Sulit juga soal mesinnya, karena kami punya masalah dengan reliabilitas. Yah, itu bukan akhir pekan yang menyenangkan. Kami harus mencoba untuk meningkat,” imbuhnya.

Balapan berikutnya akan kembali berlangsung di Valencia akhir pekan ini. (tra)