MotoGP 2021(motogp.com)

Kastara.ID, Jakarta – Pembalap Repsol Honda Marc Marquez Harus absen dari balapan MotoGP Algarve pekan lalu.

Pengumuman tiba-tiba dikeluarkan oleh HRC pada Selasa (2/11), tak ada detail tentang kondisi Marquez, hanya ada rilis singkat kalau sang pembalap gegar otak dan tidak bisa membalap di Portimao.

Sekarang keraguan banyak pihak mulai muncul, mulai beredar banyak spekulasi terkait pembalap Cervera itu, yang juga belum dapat dipastikan apakah akan hadir di final Valencia nanti atau akan kembali absen?

Sampai awal pekan ini tidak ada berita lebih lanjut yang diumumkan tentang Marquez.

Speedweek melaporkan bahwa para jurnalis menghadapi jalan buntu di GP Algarve, kepala tim Repsol Honda Alberto Puig bahkan menolak untuk memberikan informasi apapun, bahkan kepada wartawan senior Spanyol.

Kesediaan HRC untuk berkomunikasi selalu dikritik sejak kepergian Livio Suppo dan Shuhei Nakamoto.

Begitu berita ditutupi, maka secara otomatis desas-desus mulai bermunculan dengan liar.

Jadi, tak heran jika beberapa media sekarang mulai berspekulasi bahwa Marquez mengalami cedera yang lebih parah daripada yang dilaporkan.

Di paddock dan di media center di GP Algarve, bahkan ada spekulasi bahwa juara dunia MotoGP enam kali itu mungkin tidak akan pernah kembali ke lintasan balap lagi tahun ini.

Honda tidak perlu terkejut dengan teori konspirasi semacam ini, karena setelah kecelakaan Jerez pada Juli 2020, beberapa pihak yang punya pengetahuan luas melaporkan pada Agustus bahwa Marquez tidak bisa lagi mengikuti balapan pada 2020. Dan ternyata pada akhirnya teori itu benar!

Sepanjang tahun lalu, Honda, terus berpura-pura bahwa bintang Repsol Honda itu akan kembali pada awal balapan berikutnya atau setelahnya.

Kenyataannya, operasi kedua pada lengan kanan bagian atas harus dilakukan, diikuti oleh operasi ketiga, ditambah dua transplantasi tulang dan infeksi yang terus-menerus.

Kembalinya Marquez ke MotoGP bahkan tidak dapat dilakukan pada Maret 2021 pada tes pertama. Marquez melewatkan dua Grand Prix pertama di Doha/Qatar, baru benar-benar comeback di balapan seri ketiga, yakni MotoGP Portugal.

Bahkan jika Honda baru-baru ini meninggalkan semua penggemar dan media dalam kegelapan, satu hal yang pasti; Marquez akan menjalani pemeriksaan medis lagi (8/11). Kemudian akan diputuskan apakah dia akan dapat tampil di MotoGP Valencia atau tidak?

Tapi karena Honda tidak terbuka dan hanya memberikan sedikit informasi tentang kepastian cedera Marquez, ada banyak spekulasi munncul.

Marquez sudah sejak dulu terkenal dengan kebiasaan menyembunyikan informasi, tapi pada akhirnya bocor sedikit demi sedikit, terutama informasi yang bersifat buruk.

Media Speedweek mengatakan bahwa mereka telah mencoba memanfaatkan beberapa sumber informasi yang dapat dipercaya, berasumsi bahwa Marquez akan absen lagi akhir pekan ini di Valencia.

“Saya ragu Marquez akan balapan di Valencia. Sama sekali tidak masuk akal bagi HRC untuk mengambil risiko lebih lanjut dengan ‘aset’ mereka yang sangat mahal musim ini,” tandas Speedweek.

Berkaca dari comeback buru-buru di MotoGP Andalusia tahun lalu, menambah kemungkinan Marquez akan kembali absen di final Valencia akhir pekan ini.

HRC juga sempat mengungkap bahwa prioritas utama mereka dengan Marquez adalah hadir di tes resmi pada 18 dan 19 November mendatang untuk persiapan MotoGP 2022. (tra)