Categories: Headline

Ketua GOPAC Fadli Zon: Dorong Semua Anggota Parlemen Dunia Bersatu Lawan Korupsi

Kastara.id, Jakarta – GOPAC serukan semua pihak, khususnya anggota parlemen di seluruh dunia, untuk bersatu melawan korupsi. Sekaligus berkolaborasi dengan komunitas internasional, badan-badan pemerintah, otoritas independen dan masyarakat sipil untuk mendukung pelaksanaan Agenda 2030 yang inklusif, transparan, dan akuntabel.

Demikian diungkapkan Ketua Global Organization of Parliament Against Corruption (GOPAC) Fadli Zon dalam memperingati Hari Anti Korupsi Internasional 9 Desember. GOPAC juga mendorong semua pihak untuk melawan impunitas dan segala upaya yang dapat melemahkan gerakan anti-korupsi.

GOPAC mencatat, upaya tersebut dapat dilakukan dengan memanfaatkan kerangka legislasi. Bila ini terjadi, maka kepercayaan publik pada parlemen akan semakin menurun, dan melemahkan daya juang dalam memberantas korupsi. Untuk memerangi tunggangan politik tersebut, parlemen harus menjadi gerbang utama untuk meningkatkan rezim anti-korupsi di negara masing-masing.

“Kami yakin, jika parlemen dan anggota parlemen sepenuhnya sadar terhadap Tujuan Pembangunan Global, setiap negara akan memperoleh manfaatnya. Mari kita ambil bagian dalam memastikan pemenuhan agenda internasional ini, menuju pembangunan dunia yang berkelanjutan di tahun 2030,” kata Pimpinan DPR Korpolkam ini di Jakarta, Jumat (9/12).

Lebih lanjut Fadli Zon menegaskan, GOPAC percaya bahwa anggota parlemen adalah agen perubahan yang kuat. Melalui mandat konstistusi yang dimilikinya, anggota parlemen adalah mitra kerja utama untuk memastikan terciptanya kondisi publik untuk pembangunan berkelanjutan yang akuntabel, inklusif, partisipatif, dan transparan. Peran penting parlemen diakui dalam deklarasi UN Summit 2015: “Transforming our World: the 2030 Agenda for Sustainable Development”.

Pada tahun ini, GOPAC telah melaksanakan Pilot Project: Strengthening the Role of Parliamentarians in Ensuring the Effectiveness of Development Resources in Support of the SDGs Implementation. Melalui program ini, GOPAC telah menyusun buku panduan untuk anggota parlemen yang memberikan penjelasan pendekatan-pendekatan cara kerja yang efektif untuk mendukung pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

Seperti yang telah dinyatakan dalam GOPAC’s Jakarta Declaration bahwa GOPAC menegaskan pentingnya peran anggota parlemen untuk melakukan pengawasan yang efektif dalam pengajuan pengusulan anggaran, hukum, program kerja, dan kebijakan, sebagai bentuk kontribusi anggota parlemen dalam implementasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

GOPAC berkomitmen untuk memerangi korupsi, baik di dalam maupun luar negeri, termasuk dalam mendorong pelaksanaan UN Convention Against Corruption (UNCAC) untuk memastikan penggunaan sumber daya domestik dalam negeri dan asing yang efektif dan efisien, serta akuntabel. (arya)

Leave a Comment

Recent Posts

SIT Darul Abidin Anak Didiknya Menciptakan Permainan Sehingga Otaknya Lebih Sehat

Kastara.Id,Depok - Wakil Walikota Depok Imam Budi Hartono memberikan Sambutan dalam Kegiatan Scratch Day Celebration…

KPU Depok Pastikan Tidak Diikuti Oleh Calon Perseorangan Dalam Pilkada 2024

Kastara.Id,Depok - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok, Jawa Barat Wili Sumarlin memastikan pemilihan…

55 Anggota PPK Depok di Lantik Dan Langsung Berkerja Untuk Pilkada Serentak 2024

Kastara.Id,Depok - Kali ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok, Jawa Barat secara  resmi melantik…

Pencabutan dan Pembatalan Surat Pernyataan Sikap

Kastara.Id,Depok - Berdasarkan  Nomor  015/BSS/PS/V-2024 TANGGAL 14 MEI 2024.  Seluruh jajaran pengurus Perkumpulan Barisan Supian…

Selamat Ginting: Jurnalisme Investigasi Berkontribusi Terhadap Pemerintahan Demokrati

Kastara.Id,Jakarta - Pengamat politik Universitas Nasional (Unas) Selamat Ginting menegaskan, jurnalisme investigasi keberadaannya sangat penting…

Selamat Ginting : Demokrasi Asli Indonesia Sumbernya Semangat Kolektivisme

Kastara.Id,Jakarta - Pengamat politik Universitas Nasional (Unas) Selamat Ginting mengungkapkan, demokrasi asli Indonesia sumbernya adalah…