MotoGP 2018(motogp.com)

Kastara.ID, Jakarta – MotoGP musim 2018 telah usai dengan pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, keluar sebagai juara dunia di kelas utama. Sementara dua kelas di bawahnya menghadirkan juara dunia baru, Francesco Bagnaia di kelas Moto2 dan Jorge Martin di kelas Moto3.

Ada banyak catatan unik dan rekor menakjubkan yang terjadi sepanjang musim 2018, selain itu ada juga beberapa catatan buruk yang tak dapat dihindari sepanjang 18 kali balap (minus GP Inggris) semua kelas.

Beberapa catatan buruk di bawah ini termasuk dalam rekor-rekor negatif yang terjadi sepanjang tahun 2018.

Pembalap MotoGP dengan Kecelakaan Terbanyak

Marquez mengakali kecelakaan sebanyak 23 kali sepanjang musim 2018, angka ini menjadi kecelakaan tertinggi di kelas utama.

Pembalap Moto2 dengan Kecelakaan Terbanyak

Nama Stefano Manzi masuk dalam daftar teratas pembalap dengan kecelakaan terbanyak selama Moto2 2018. Pembalap Italia itu jatuh sebanyak 31 kali, dan menjadi angka tertinggi di semua kelas.

Pembalap Moto3 dengan Kecelakaan Terbanyak

Kembali ada nama pembalap belia Italia, Marco Bezzecchi yang mencetak angka 24 dalam rekor kecelakaan terbanyak di kelas paling rendah Grand Prix musim 2018.

Sirkuit Paling Berbahaya di MotoGP 2018

Sirkuit Ricardo Tormo yang menjadi tempat penyelenggaraan balapan final seri Valencia MotoGP 2018 menjadi sirkuit paling berbahaya di tahun 2018, sirkuit ini membuat pembalap berjatuhan sebanyak 155 kali, dua sirkuit lainnya dengan tingkat kecelakaan tertinggi adalah Le Mans, Prancis (109 kecelakaan) dan Catalunya, Barcelona (100 kecelakaan), sementara sirkuit lainnya rata-rata jumlah kecelakaan di bawah angka 100.

Tikungan Paling Berbahaya di MotoGP 2018

Tikungan 4 arah kanan Sirkuit Ricardo Tormo menjadi tempat dengan kecelakaan paling banyak sepanjang 2018, ada sekitar 38 kali pembalap pengalami kecelakaan di titik ini, menjadikannya sirkuit paling berbahaya sepanjang balapan 2018.

Pembalap Top yang Gagal Menang di MotoGP 2018

Dua pembalap papan atas yang gagal menang sepanjang musim 2018 adalah pembalap Repsol Honda, Dani Pedrosa dan bintang Movistar Yamaha, Valentino Rossi.

Keduanya gagal mengamankan setidaknya satu saja kemenangan di 2018, padahal keduanya merupakan pembalap senior yang kerap kali bersaing di lini depan dengan dukungan penuh tim pabrikan.

Pembalap Top yang Tidak Naik Podium di MotoGP 2018

Nama Pedrosa masuk dalam daftar catatan buruk pembalap yang gagal naik podium di MotoGP 2018, finis terbaik pembalap Spanyol itu adalah posisi kelima di Francis, Catalunya, Aragon, Malaysia, dan final Valencia.

Seri Balap Paling Kontrovesi

Seri kedua musim 2018 yang digelar di Sirkuit Termas de Rio Honda, Argentina, menjadi salah satu balapan paling kontroversial musim ini.

Mulai dari kekacauan posisi start karena seluruh pembalap (kecuali Jack Miller) tiba-tiba mengganti ban.

Marquez yang bikin starting grid kacau sesaat jelang start. Dan puncaknya Marquez menyenggol tiga pembalap selama balapan berlangsung, salah satunya adalah Rossi, yang akhirnya terjatuh karena mengalami kontak dengan pembalap asal Spanyol itu.

Seri Balap Paling Kacau

MotoGP Inggris 2018 batal digelar, tapi ada banyak rentetan masalah yang terjadi sebelum keputusan final itu diambil, balapan sempat ditunda selama beberapa jam, lintasan sirkuit yang punya sistem drainase buruk membuat semua pembalap mengeluh dan penonton yang kedinginan seharian di bawah hujan meminta uang tiket dikembalikan lantaran balapan batal digelar.

Selain itu, keputusan pembatalan balapan juga menimbulkan silang pendapat di antara pembalap, ada banyak pembalap yang curiga dengan keputusan aneh tersebut.

Sampai tak adanya balapan pengganti di hari Senin, padahal balapan paling sangat memungkinankan berlangsung sehari sebelumnya. (lan)