DKI Jakarta

Kastara.id, Jakarta – Konektivitas pembangunan di DKI Jakarta wajib melibatkan daerah sekitarnya.

“Sudah ada komunikasi yang baik antara Gubernur Banten dengan DKI Jakarta. Evaluasi anggaran kami juga sama bahwa DKI tidak bisa sendiri dengan Pendapatan Asli Daerah yang besar, ya harus melibatkan Banten, ada Tangerang, Kabupaten Tangerang, Tangerang Selatan, melibatkan Jawa Barat, ada Depok, Bekasi, Karawang sampai Bogor,” ujar  Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo dalam keterangannya, Rabu (10/1).

Mendagri mencontohkan, program mengatasi banjir, atau macet di Jakarta tidak bisa hanya sendirian, karena banyak penduduk yang tinggal di luar Jakarta.

“Saya kira harus ada sinergi. Kalau Jakarta mau maju, harus ada sinergi antar kota, antar daerah, antar provinsi harus ada konektivitas sebagaimana arahan Bapak Presiden,” paparnya.

Dia menegaskan, jika dulu belum optimal, maka sekarang tinggal lebih fokus lagi. “Jangan sampai seperti kemarin urusan sampah saja sampai ribet dengan Bekasi, kan enggak enak hanya masalah sampah. Ini kan menyangkut perumahan, menyangkut akses-akses yang lain,” tambahnya. (npm)