Inggris

Kastara.ID, Jakarta – Rencana mundurnya Pangeran Harry-Meghan Markle sebagai anggota senior kerajaan Inggris, menuai amarah Ratu Elizabeth II. Ratu berusia 93 tahun itu mendengar kabar tersebut bukan dari Pangeran Harry langsung, melainkan media.

Kabar mengejutkan itu pertama kali diumumkan Harry dan Meghan melalui akun Instagram @susexroyal yang segera menjadi tajuk utama sebagian besar berita utama media Inggris pada Kamis (9/1) pagi.

Dilansir dari The Guardian, media lokal seperti The Sun melaporkan bahwa Ratu Elizabeth kesal dengan kabar itu. Ayah dan kakak Harry, Pangeran Charles dan Pangeran William, bahkan dilaporkan sangat geram terhadap pengumuman tersebut.

Menurut pernyataan resmi Istana, keluarga kerajaan sampai saat ini masih melakukan pembicaraan awal dengan Harry dan Meghan.

Pangeran Harry dan Meghan memutuskan mundur dari peran sebagai keluarga kerajaan dan menyatakan akan bekerja sebagai keluarga yang mandiri secara finansial.

Pasangan itu mengungkapkan mereka berencana untuk membagi waktu mereka antara Inggris dan Amerika Utara.

“Keseimbangan geografis ini akan memungkinkan kami untuk membangkitkan putra kami dengan apresiasi atas tradisi kerajaan tempat ia dilahirkan, sementara juga memberi keluarga kami ruang untuk fokus pada bab berikutnya, termasuk peluncuran entitas amal baru kami,” tutur Harry dan Meghan dalam unggahan mereka di Instagram. (put)