International Development Finance Corporation (IDFC)

Kastara.ID, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima delegasi SoftBank pada Jumat (10/1). Delegasi SoftBank yang dipimpin oleh CEO Masayoshi Son diterima Presiden di Istana Merdeka, Jakarta.

CEO SoftBank mengaku tertarik untuk berinvestasi dan bekerja sama dalam pembangunan di ibukota baru. Secara khusus, Masayoshi mengatakan tertarik dengan konsep kota pintar dan kota hijau yang diusung dalam pembangunan ibukota baru tersebut.

“Ibukota baru memiliki peluang-peluang investasi yang saya kira bisa kita diskusikan ide potensialnya,” ucapnya.

Pada pertemuan sebelumnya, Juli 2019, SoftBank juga telah berkomitmen untuk mengucurkan investasi bagi pengembangan perusahaan rintisan di Indonesia serta untuk membangun ekosistem industri seperti kendaraan listrik.

Selain itu, juga menerima kunjungan delegasi US International Development Finance Corporation (DFC). Kepala Negara bersama dengan delegasi yang dipimpin oleh CEO Adam S. Boehler tersebut juga membicarakan peluang investasi di Indonesia.

Jokowi juga menjelaskan bahwa dalam masa pemerintahannya yang kedua, Indonesia masih akan melanjutkan pembangunan infrastruktur di sejumlah wilayah. Untuk mewujudkan hal tersebut pemerintah membuka peluang investasi dan kerja sama seluas-luasnya.

CEO DFC menjelaskan bahwa lembaga pendanaan independen tersebut berkomitmen untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat dan mendukung Indonesia dalam berbagai sektor seperti teknologi, infrastruktur, energi, dan kesehatan.

“Kami berkeinginan untuk mendukung Indonesia dalam berbagai sektor, memberikan teknologi berkualitas tinggi dan berkelanjutan di bidang energi, infrastruktur, dan kesehatan,” tuturnya.

Sementara Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan yang turut mendampingi Presiden dalam pertemuan itu mengungkapkan bahwa DFC akan bersegera membuka kantor perwakilannya di Indonesia untuk mempercepat proses kerja sama tersebut. Selain itu, terdapat sejumlah proyek yang akan segera didiskusikan. (ant)