Asian Games 2018
Kastara.id, Jakarta – Menpora Imam Nahrawi mendampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla menyaksikan test event Asian Games 2018 cabang olahraga Taekwondo, Sabtu (10/2) siang di Hall B, JIEXPO, Kemayoran. Menpora menyampaikan bahwa suasana kegembiraan terlihat di tes event cabang olahraga taekwondo.
Sembilan negara mengikuti tes event tersebut, yaitu Indonesia, Korea, Filipina, Malaysia, Hong Kong, India, Laos, Mongolia, dan Myanmar. Dalam kesempatan tersebut, Wakil Presiden mengalungkan medali untuk kelas beregu pria Indonesia yang meraih emas, Hong Kong meraih perak, dan medali perunggu diraih atlet India.
Wapres menyampaikan bahwa venus tes event cabang olahraga taekwondo cukup bagus. “Saya tanya Presiden taekwondo venuenya memenuhi syarat. Kalau masih ada kekurangan, wajarlah karena tes event ini masih tahap uci coba,” ujar Wapres.
Dalam kesempatan tersebut Wakil Presiden menyaksikan pertandingan taekwondo di panggung A yang tengah bertanding di kelas 80 kg pria antara Nicholas Armanto dari Indonesia dan Tan Yen Ming dari Malaysia. Nicholas Armanto memenangkan pertandingan tersebut.
Kemudian dilanjutkan pertandingan antara Halinda Mariska dari Indonesia melawan Law Sin Yi dari Hongkong di kelas wanita 53 kg yang dimenangkan Halinda. “Tes event ini hanya delapan negara yang ikut. Kalau Asian Games 40 negara yang ikut. Yang jelas kualitas delapan negara dengan 40 negara pasti beda,” ujar Wapres.
Sementara itu, Menpora Imam Nahrawi menyampaikan bahwa suasana kegembiraan terlihat di tes event cabang olahraga taekwondo. “Tadi terlihat suasana kegembiraan walaupun kejuaraan ini hanya tes event tapi medali emas bisa kita raih. Namun demikian ini bukan menjadi alat ukur bagi kesiapan tim Indonesia secara total karena bisa jadi atlet yang dikirim oleh beberapa negara merupakan lapisan kedua atau ketiga. Begitu juga dengan tim Indonesia, tidak semua atlet pelatnas yang merupakan atlet unggulan kita turunkan,” ujar Menpora.
“Namun demikian ini harus menjadi catatan penting bagi semua cabang olahraga meskipun yang dipertandingkan di tes event hanya delapan cabang olahraga tapi cabang olahraga yang lain harus belajar dari suasana ini bagaimana kesiapan atlet kita. Tapi yang lebih penting bahwa masing-masing cabang olahraga akan menjadi penyelenggara pada setiap kegiatan pertandingan,” jelasnya.
Menpora pun mengaku venue yang sekarang ini sudah bagus. “Nyaris sampai sekarang tidak ada keluhan soal venue pertandingan bahkan dalam konteks tes event tidak ada kekurangan, semua berjalan baik dan lancar,” ujarnya. Usai menyaksikan uji coba tersebut, Wakil Presiden M Jusuf Kalla melanjutkan peninjauan ke Wisma Atlet Kemayoran.
Hadir dalam pegelaran tes event tersebut MenPU Pera Basuki Hadimuljono, Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno, Ketua INASGOC Erick Thohir, Wakil Ketua INASGOC Syafrie Syamsuddin, dan Ketua Umum Persatuan Taekwondo Indonesia Letjen TNI (Purn) Marciano Norman. (nad)