Ini Risiko Mengunduh Aplikasi di Ponsel Pintar

Malware

Kastara.ID, Jakarta – Bagi pengguna ponsel pintar perlu mewaspadai ancaman virus malware yang bisa menyusup sistem secara otomatis saat penggunanya mengunduh aplikasi di playstore dan apps store.

“Ada aplikasi di handphone yakni edit foto dan lain-lain itu ada virus malwarenya pernah saya temukan,” ujar Pakar Keamanan Siber Yohanes Syailendra Kotualubun di Jakarta (9/2).

Menurutnya, banyak orang yang sudah jadi korban karena minimnya pengetahuan tentang hal diatas. Akibatnya, virus malware bisa menyusup sistem dan menduplikasi data pribadi dari mulai identitas diri hingga pin rekening mobile banking.

Modus operandinya menduplikasi data pribadi kemudian langkah selanjutnya bisa mengambil keuntungan baik berupa uang maupun data berharga lainnya. Dia mengakui, mayoritas aktifitas penyusupan menggunakan virus malware bertujuan mengambil uang dari korban.

“Pencurian informasi melalui siber ujung-ujungnya pencurian uang,” katanya.

Sampai saat ini masih belum ada cara secara kasat mata untuk mengetahui suatu aplikasi tersusupi oleh virus malware. Diperlukan bantuan aplikasi lainnya dengan mekanisme yang cukup rumit dalam mengetahui virus itu di aplikasi.

Caranya, setiap mengunduh aplikasi di playstore dan apps store jangan langsung diinstal atau aktifkan terlebih dahulu ke ponsel. Unduh data terlebih dahulu, setelah data terunduh seluruhnya, kemudian dapat dipindai melalui aplikasi pencari virus malware (malware analysis).

Selanjutnya, pemilik ponsel bisa mengunduh aplikasi anti virus ke ponsel pintarnya. Kemudian, lakukan pemindaian secara rutin setiap hari demi mencegah virus malware merusak sistem telpon genggam yang digunakan. (rfr)