Parasite

Kastara.ID, Jakarta – Academy Awards ke-92 atau Piala Oscar 2020 dilaksanakan di Dolby Theatre, Los Angeles, sejak Ahad (9/2) dan akan mengumumkan pemenang berbagai kategori nominasi yang sudah diumumkan sebelumnya.

Dalam Oscar 2020, Parasite membawa pulang empat piala yakni Best Picture, Best Original Screenplay, Best International Feature, dan Best Director.Pada pengumuman Oscar.

Parasite sukses membawa sutradara Bong Joon Ho menjadi sutradara terbaik. Kemenangan ini tentu membuat Bong Jong Ho kaget sekaligus tak percaya.

Film asal Korea Selatan, Parasite, yang sudah mengantongi banyak penghargaan secara mengejutkan mendapatkan lebih dari satu nominasi, yaitu Best International Feature Film, Best Director, Best Original Screenplay, dan Best Pictures.

Capaian Parasite menjadi nominasi kategori puncak Oscar 2020, Best Picture, menjadi catatan sejarah tersendiri. Sepanjang sejarah Oscar sebelumnya, hanya lima film dari Asia yang bisa menembus nominasi kategori tersebut, tapi tak satu pun trofi berhasil dibawa pulang.

Diketahui sebelum Oscar 2020, Parasite telah mengumpulkan sati piala Golden Globes, satu piala Screen Actors Guild Awards, dan dua piala British Academy Film Awards. (put)