Donor Darah

Kastara.ID, Depok – Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Depok berhasil mengumpulkan 21 kantong darah dari kegiatan donor darah yang digelar di Kecamatan Pancoran Mas (Panmas). Dengan rincian, golongan darah A empat orang, B lima orang, dan O 12 orang, sedangkan golongan AB tidak ada yang dihimpun.

“Dari 46 orang yang mendaftar, hanya 21 orang berhasil mendonorkan darahnya,” jelas Wakil Ketua I PMI Kota Depok, Eka Bahtiar, usai kegiatan donor darah di Aula Kantor Kecamatan Panmas, seperti dilansir situs resmi Pemkot Depok (9/3).

Dikatakannya, peserta yang gagal mendonor disebabkan beberapa faktor. Meliputi tekanan darahnya rendah dan tinggi, hemoglobin rendah dan tinggi, sedang mengonsumsi obat, kurang tidur, dan baru mendapat vaksin Covid-19.

“Khusus untuk yang baru divaksin, ketentuannya dapat kembali mendonor setelah empat minggu menerima vaksin kedua,” kata Eka.

Di tempat yang sama, Ketua PMI Kecamatan Pancoran Mas Syaiful Hidayat menuturkan, peserta donor darah hari ini berasal dari berbagai unsur masyarakat, yaitu Persatuan Istri (Persit) Koramil 01 Pancoran Mas, Pemuda Batak Bersatu, pegawai kecamatan, dan warga sekitar.

Dia menambahkan, pihaknya akan rutin menggelar kegiatan donor darah setiap dua bulan sekali. Dengan tujuan untuk mendorong pemenuhan ketersediaan stok darah di PMI Kota Depok.

“Kegiatan donor darah di Kecamatan ini juga merupakan tindak lanjut dari instruksi PMI Depok dan bakal dilaksanakan secara rutin,” tandasnya. (hop)