Depok

Kastara.ID, Depok – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok, tahun ini akan mengintegrasikan wifi untuk Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) atau yang dikenal sebagai RW Net ke aplikasi Depok Single Window (DSW). Nantinya, proses login dari yang sebelumnya menggunakan password secara manual, bisa diakses melalui aplikasi DSW.

“Ya, rencananya tahun ini akan kami integrasikan, targetnya Mei 2022 sudah terlaksana. Perbedaannya hanya diakses login saja. Kalau belum terintegrasi, masing-masing penanggung jawab di tingkat RW membuat password sendiri, kalau sudah terintegrasi nanti, login-nya menggunakan aplikasi DSW,” ujar Kepala Diskominfo Kota Depok, Manto Djorghi, di ruang kerjanya, sebagaimana dimuat situs resmi Pemkot Depok, Kamis (10/3).

Dikatakannya, saat pemasangan wifi PJJ, pihaknya mengejar pemasangan atau instalasi untuk dapat segera dimanfaatkan, karena sifatnya mendesak. Sehingga integrasi belum dapat dilakukan.

“Tahun lalu kami kejar instalasi wifi yang jumlahnya mencapai 1.586 titik. Karena sangat dibutuhkan siswa yang sedang melaksanakan PJJ. Nah, tahun ini baru akan kami integrasikan. Berbeda dengan wifi publik yang sudah terintegrasi dengan aplikasi DSW,” ungkapnya.

Manto mengatakan, pihaknya akan terus melakukan evaluasi secara berkala terkait pemanfaatan RW Net ini. Selain untuk PJJ, wifi ini juga kerap digunakan untuk  penginputan online pada program vaksinasi, kegiatan Karang Taruna, pengajian online dan lain sebagainya.

“Kami akan terus evaluasi. RW Net ini dibutuhkan bukan hanya untuk PJJ, tapi kegiatan lainnya juga,” pungkasnya. (dha)