Papsmear

Kastara.ID, Depok – 189 warga Depok mengikuti pemeriksaan kesehatan pada Depok Health Fair yang digelar oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok dalam rangkaian peringatan Hari Jadi Kota Depok ke-20 yang jatuh pada 27 April mendatang.

“Alhamdulillah antusias warga Depok cukup besar untuk melakukan pemeriksaan kesehatan,” tutur Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (P2P) Dinkes Kota Depok Umi Zakiyati di ITC Depok lantai 3, Rabu (10/4).

Menurutnya, pada Selasa (9/4) kemarin antara lain dilakukan pemeriksaan deteksi kanker melalui IVA atau Papsmear, pemeriksaan HIV, dan pemeriksaan penyakit tidak menular (PTM) seperti obesitas, hipertensi, dan diabetes. Pelaksanaan pemeriksaan kesehatan itu dilakukan sejak pagi hingga sore hari.

Umi menjelaskan, sebanyak 67 warga Depok mengikuti pemeriksaan papsmear. Kemudian untuk IVA sebanyak 5 orang, HIV sebanyak 100 orang, dan seluruh peserta yang hadir mengikuti pemeriksaan PTM.

“Untuk PTM hasilnya sudah dapat diketahui langsung, namun untuk IVA, papsmear, dan HIV masih menunggu hasil,” ucapnya.

Umi berharap dengan hasil pemeriksaan yang dilakukan, warga Depok dapat mengetahui tingkat kesehatannya. Selanjutnya, mereka bisa melakukan pencegahan terhadap penyakit yang dideritanya dan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) agar tetap sehat dan bugar. (*)