Hepatitis Akut

Kastara.ID, Jakarta – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta, Wibi Andrino meminta Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta segera berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan untuk melakukan pemantauan ke seluruh fasilitas kesehatan (faskes) untuk memastikan kondisi pasien yang memiliki gejala mengarah hepatitis akut.

“Kami imbau Dinkes DKI agar bergerak cepat memantau kondisi pasien di seluruh faskes yang memiliki gejala mengarah pada hepatitis,” ujar Wibi, Selasa (10/5).

Menurutnya, respons cepat sangat penting dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan kasus misterius ini. Selain itu, respons cepat yang dilakukan akan meminimalisir potensi kepanikan di tengah masyarakat.

Dia menambahkan, sambil menunggu perkembangan investigasi penyebab kejadian hepatitis akut, Wibi juga mendorong Dinkes DKI untuk menyosialisasikan kepada masyarakat terkait beredarnya penyakit tersebut dengan melibatkan pengurus di tingkat wilayah, seperti RT/RW, maupun kader PKK.

“Sementara kami imbau masyarakat ketat terapkan pola hidup bersih sehat dengan memilih makanan yang bersih guna mencegah penularan virus,” tandasnya. (hop)